Roboguru

Jelaskan perbedaan antara revolusi hijau pada masa...

Jelaskan perbedaan antara revolusi hijau pada masa Orde Baru dan masa Reformasi!undefined 

  1. ...

  2. ...undefined 

Jawaban:

Revolusi Hijau pada masa Orde Lama tidak berjalan mulus karena beberapa sebab. Kekacauan politik pada masa demokrasi parlementer, pemberontakan pemimpin militer di daerah, hingga fokus pemerintahan Presiden Soekarno pada isu - isu luar negeri membuat program peningkatan pertanian menjadi terbengkalai. Pada era Orde Baru, arus investasi yang besar membuat pemerintah lebih leluasa untuk melaksanakan modernisasi pertanian.


Selain penggunaan bajak sawah sebagai pengganti cangkul, pemerintah juga menginisiasi penggunaan pupuk, program ekstensifikasi, dan diversifikasi tanaman yang akan dijadikan produksi pertanian. Selain itu daerah - daerah diluar pulau Jawa juga dibuka untuk menambah jumlah lahan pertanian dan memuluskan Transmigrasi. Hasil yang paling mencolok adalah ketika Indonesia mampu mencapai swasembada pangan di awal tahun 1980-an.


Dengan demikian, perbedaan Revolusi Hijau pada masa Orde Lama dan Baru terletak pada prosesnya. Ketika masa Orde Lama, Revolusi Hijau tidak berkembang karena berbagai faktor, dan ketika Orde Baru, Revolusi Hijau berkembang dengan sangat pesat karena merupakan bagian utama dari program pemerintah.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved