Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini!

Tuliskan pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

 pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut adalah pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini. Republikanisme. Revolusi Prancis ikut menyebarluaskan paham republikanisme. Penghapusan monarki menunjukkan dengan jelas bahwa negara ada karena ada rakyat. Oleh karena itu, rakyat seharusnya merupakan pemegang kedaulatan tertinggi. Tidak ada penguasa yang memerintah tanpa persetujuan rakyat. Rakyat pulalah yang berhak mengontrol jalannya pemerintahan. Revolusi Prancis memberikan inspirasi kepada para pendiri bangsa Indonesia yang memilih republik sebagai sistem pemerintahan. Anti-feodalisme dan hak asasi manusia. Sumbangan besar Revolusi Prancis terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional termasuk di Indonesia adalah semangat anti-feodalisme. Rakyat biasa dapat menikmati kebebasan dari pungutan pajak yang sewenang-wenang serta aturan-aturan lain yang menyengsarakan mereka. Sejak Napoleon Bonaparte berkuasa, sikap anti-feodalisme itu dipertegas lagi melalui "Undang-Undang Napoleon". Di dalam undang-undang tersebut ditegaskan bahwa hanya orang-orang berkualitas yang dapat menduduki jabatan publik. Hal ini menunjukkan bahwa Revolusi Prancis menjunjung tinggi kesetaraan, keadilan, dan kebebasan. Tidak ada diskriminasi. Semua rakyat negara diperlakukan setara. Nasionalisme. Revolusi Prancis membuat masyarakat semakin bersatu sebagai satu bangsa ( nation ). Di bawah Napoleon Bonaparte, nasionalisme terus tumbuh dan berkembang. Mereka merasa bangga sebagai satu bangsa yang dipayungi nilai-nilai yang sama, yaitu " liberte, equalite, fraternite ". Dengan demikian,pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

Berikut adalah pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini.

  1. Republikanisme. Revolusi Prancis ikut menyebarluaskan paham republikanisme. Penghapusan monarki menunjukkan dengan jelas bahwa negara ada karena ada rakyat. Oleh karena itu, rakyat seharusnya merupakan pemegang kedaulatan tertinggi. Tidak ada penguasa yang memerintah tanpa persetujuan rakyat. Rakyat pulalah yang berhak mengontrol jalannya pemerintahan. Revolusi Prancis memberikan inspirasi kepada para pendiri bangsa Indonesia yang memilih republik sebagai sistem pemerintahan.
  2. Anti-feodalisme dan hak asasi manusia. Sumbangan besar Revolusi Prancis terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional termasuk di Indonesia adalah semangat anti-feodalisme. Rakyat biasa dapat menikmati kebebasan dari pungutan pajak yang sewenang-wenang serta aturan-aturan lain yang menyengsarakan mereka. Sejak Napoleon Bonaparte berkuasa, sikap anti-feodalisme itu dipertegas lagi melalui "Undang-Undang Napoleon". Di dalam undang-undang tersebut ditegaskan bahwa hanya orang-orang berkualitas yang dapat menduduki jabatan publik. Hal ini menunjukkan bahwa Revolusi Prancis menjunjung tinggi kesetaraan, keadilan, dan kebebasan. Tidak ada diskriminasi. Semua rakyat negara diperlakukan setara.
  3. Nasionalisme. Revolusi Prancis membuat masyarakat semakin bersatu sebagai satu bangsa (nation). Di bawah Napoleon Bonaparte, nasionalisme terus tumbuh dan berkembang. Mereka merasa bangga sebagai satu bangsa yang dipayungi nilai-nilai yang sama, yaitu "liberte, equalite, fraternite".

Dengan demikian, pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

82

Gelbert Benaron Damanik

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti

Alfon Francisko

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Prima Nuraini Qolbiyah

Makasih ❤️ Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Revolusi Perancis merupakan suatu proses perubahan yang terjadi pada tahun 1789-1871, yang memiliki pengaruh sangat luas bagi masyarakat Perancis. Salah satu pengaruh dari Revolusi Perancis tersebut a...

30

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia