Iklan

Iklan

Pertanyaan

Revolusi Prancis telah mendorong terjadinya perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dunia. Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih dapat dirasakan hingga saat ini adalah . . . .

Revolusi Prancis telah mendorong terjadinya perubahan besar dalam kehidupan masyarakat dunia. Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih dapat dirasakan hingga saat ini adalah . . . .

  1. penerapan Kode Napoleon

  2. sering muncul aksi demonstrasi

  3. liberalisme sem'akin berkembang

  4. sosialisme semakin berkembang

  5. sistern monarki sudah ditinggalkan

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih diterapkan hingga saat ini adalah sistem pemerintahan demokrasi.Sistem demokrasi merupakan suatu sistem dalam kehidupan bermasyarakat dan bemegara yang menekankan kekuasaan berada di tangan rakyat. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih diterapkan hingga saat ini adalah sistem pemerintahan demokrasi.Sistem demokrasi merupakan suatu sistem dalam kehidupan bermasyarakat dan bemegara yang menekankan kekuasaan berada di tangan rakyat. Selain sistem d.emokrasi , Revolusi Prancis memunculkan liberalisme dan nasionalisme. Liberalisme tampak dalam semboyan liberte memuat citacita kemerdekaan dan kebebasan. Semangat liberalisme telah membangkitkan semangat rakyat untuk melawan segala bentuk absolutisme dan imperialisme. Sementara itu, nasionalisme terkandung dalam semboyanfraternite (persaudaraan). Semangat nasionalisme mendorong lahimya pergerakan nasional di berbagai wilayah, termasuk Indonesia. Revolusi Prancis memberi pengaruh di berbagai aspek kehidupan. Dalam hidang politik, Revolusi Prancis menyebabkan berkembangnya sistem a rule by law (undang-undang sebagai kekuasaan tertinggi). Bahkan, pada 1 804 Napoleon menyusun kitab konstitusi yang disebut Kode Napoleon. Kode Napoleon terdiri atas tiga undang-undang yaitu Code Civil (undang-undang hukum perdata), Code Penal (undangundang hukum pidana), dan Code Commerce (undang-undang hukum dagang). Kode Napoleon tidak hanya digunakan di Prancis, tetapi digunakan oleh sebagian besar masyarakat Eropa. Belanda menerapkan Kode Napoleon hingga tahun 1 838 dan Jerman hingga tahun 1910. Kode Napoleon merniliki pengaruh besar dalam bidang hukum di negara-negara Eropa.Revolusi Prancis juga menyebabkan perubahan di bidang sosial dan ekonomi. Pengaruh Revolusi Prancis dalam bidang sosial antara lain penghapusan fe odal isme, pembentukan susunan masyarakat baru, muncul go Iongan bangsawan baru, serta pendidikan bagi semua Japisan masyarakat. Pengaruh Revolusi Prancis dalam bidang ekonomi antara lain kapitalisme semakin berkembang, petani menjadi pemilik tanah, penghapusan s!stem pajak feodal, penghapusan perdagangan bebas, dan perkembangan industri-industri berskala besar. Hingga saat iBi Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki perekonomian kuat meskipun sempat beberapa kali mengalami penurunan perekonomian. Anda dapat menyusun berbagai literatur untuk mengetahui perkembangan negara Prancis hingga saat ini. Revolusi Prancis telah menunjukkan bahwa kekuatan rakyat mampu menumbangkan absolutisme raja. Peristiwa tersebut juga menyadarkan pentingnya persamaan hak bagi rakyat. Keadilan dan kesejahteraan rakyat harus diperjuangkan oleh setiap pemerintah yang berkuasa. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, pemerintahan dapat berjalan secara demokratis dan mendapat dukungan penuh dari rakyat.

Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih diterapkan hingga saat ini adalah sistem pemerintahan demokrasi. Sistem demokrasi merupakan suatu sistem dalam kehidupan bermasyarakat dan bemegara yang menekankan kekuasaan berada di tangan rakyat. 

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Salah satu pengaruh Revolusi Prancis yang masih diterapkan hingga saat ini adalah sistem pemerintahan demokrasi. Sistem demokrasi merupakan suatu sistem dalam kehidupan bermasyarakat dan bemegara yang menekankan kekuasaan berada di tangan rakyat. Selain sistem d.emokrasi , Revolusi Prancis memunculkan liberalisme dan nasionalisme. Liberalisme tampak dalam semboyan liberte memuat citacita kemerdekaan dan kebebasan. Semangat liberalisme telah membangkitkan semangat rakyat untuk melawan segala bentuk absolutisme dan imperialisme. Sementara itu, nasionalisme terkandung dalam semboyanfraternite (persaudaraan). Semangat nasionalisme mendorong lahimya pergerakan nasional di berbagai wilayah, termasuk Indonesia. Revolusi Prancis memberi pengaruh di berbagai aspek kehidupan. Dalam hidang politik, Revolusi Prancis menyebabkan berkembangnya sistem a rule by law (undang-undang sebagai kekuasaan tertinggi). Bahkan, pada 1 804 Napoleon menyusun kitab konstitusi yang disebut Kode Napoleon. Kode Napoleon terdiri atas tiga undang-undang yaitu Code Civil (undang-undang hukum perdata), Code Penal (undangundang hukum pidana), dan Code Commerce (undang-undang hukum dagang). Kode Napoleon tidak hanya digunakan di Prancis, tetapi digunakan oleh sebagian besar masyarakat Eropa. Belanda menerapkan Kode Napoleon hingga tahun 1 838 dan Jerman hingga tahun 1910. Kode Napoleon merniliki pengaruh besar dalam bidang hukum di negara-negara Eropa.Revolusi Prancis juga menyebabkan perubahan di bidang sosial dan ekonomi. Pengaruh Revolusi Prancis dalam bidang sosial antara lain penghapusan fe odal isme, pembentukan susunan masyarakat baru, muncul go Iongan bangsawan baru, serta pendidikan bagi semua Japisan masyarakat. Pengaruh Revolusi Prancis dalam bidang ekonomi antara lain kapitalisme semakin berkembang, petani menjadi pemilik tanah, penghapusan s!stem pajak feodal, penghapusan perdagangan bebas, dan perkembangan industri-industri berskala besar. Hingga saat iBi Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang memiliki perekonomian kuat meskipun sempat beberapa kali mengalami penurunan perekonomian. Anda dapat menyusun berbagai literatur untuk mengetahui perkembangan negara Prancis hingga saat ini. Revolusi Prancis telah menunjukkan bahwa kekuatan rakyat mampu menumbangkan absolutisme raja. Peristiwa tersebut juga menyadarkan pentingnya persamaan hak bagi rakyat. Keadilan dan kesejahteraan rakyat harus diperjuangkan oleh setiap pemerintah yang berkuasa. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, pemerintahan dapat berjalan secara demokratis dan mendapat dukungan penuh dari rakyat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Masagus Nayaka Aji

Pembahasan tidak menjawab soal

Afif Surabaya

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Revolusi Perancis merupakan suatu proses perubahan yang terjadi pada tahun 1789-1871, yang memiliki pengaruh sangat luas bagi masyarakat Perancis. Salah satu pengaruh dari Revolusi Perancis tersebut a...

9

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia