Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan pendapat anda mengenai covid 19 dilihat dari sudut pandang sosiologi!

Tuliskan pendapat anda mengenai covid 19 dilihat dari sudut pandang sosiologi! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Memandang Covid19 dari sudut pandang sosiologi, berarti melihat fenomena covid 19 dari sudut pandang masyarakat. Hal ini dikarenakan, objek kajian sosiologi adalah masyarakat. Covid19 merupakan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat . Covid19 yang datang telah mengubah tatanan dan kebiasaan hampir seluruh masyarakat di dunia. Setidaknya ada tiga hal dalam bermasyarakat yang terdampak. Pertama, interaksi sosial, sebagai makhluk sosial yang senang berinteraksi, berkelompok, dan berkumpul, masyarakat dihadapkan pada cara-cara baru dalam melakukan kontak sosial dan komunikasi. Menjaga jarak, komunikasi virtual, salam tanpa bersentuhan, dan sebagainya, bahkan ritual mudik sebagai salah satu ciri masyarakat komunal pun dilarang. Kedua masalah sosial, pemutusan kerja, pengurangan omset membuat kemiskinan semakin meningkat, sejalan pula dengan meningkatnya tingkat kejahatan, dan masalah lainnya. Ketiga, perubahan sosial, Covid19 dapat dilihat sebagai perubahan sosial yang terjadi akibat adanya bencana alam berupa pandemi, salah satu contoh perubahan adalah dalam sistem pendidikan yang menggunakan pembelajaran daring, shaf sholat, dan sebagainya. Ketiga hal tersebut diatas dapat menjadi jawaban tentang bagaimana covid19 dilihat dalam sudut pandang sosiologi.

Memandang Covid19 dari sudut pandang sosiologi, berarti melihat fenomena covid 19 dari sudut pandang masyarakat. Hal ini dikarenakan, objek kajian sosiologi adalah masyarakat.

Covid19 merupakan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Covid19 yang datang telah mengubah tatanan dan kebiasaan hampir seluruh masyarakat di dunia. Setidaknya ada tiga hal dalam bermasyarakat yang terdampak. Pertama, interaksi sosial, sebagai makhluk sosial yang senang berinteraksi, berkelompok, dan berkumpul, masyarakat dihadapkan pada cara-cara baru dalam melakukan kontak sosial dan komunikasi. Menjaga jarak, komunikasi virtual, salam tanpa bersentuhan, dan sebagainya, bahkan ritual mudik sebagai salah satu ciri masyarakat komunal pun dilarang. Kedua masalah sosial, pemutusan kerja, pengurangan omset membuat kemiskinan semakin meningkat, sejalan pula dengan meningkatnya tingkat kejahatan, dan masalah lainnya. Ketiga, perubahan sosial, Covid19 dapat dilihat sebagai perubahan sosial yang terjadi akibat adanya bencana alam berupa pandemi, salah satu contoh perubahan adalah dalam sistem pendidikan yang menggunakan pembelajaran daring, shaf sholat, dan sebagainya. Ketiga hal tersebut diatas dapat menjadi jawaban tentang bagaimana covid19 dilihat dalam sudut pandang sosiologi.

Latihan Bab

Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Teori-teori tentang Masalah Sosial

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial

67

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana pendapat anda tentang sistem pendidikan dan kepemimpinan di Indonesia berkaitan dengan teori sosiologi yang telah anda pahami!

61

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia