Pertanyaan

 

Tuliskan nama senyawa berikut! H 2 ​ C 2 ​ O 4 ​ H 2 ​ S Mg ( OH ) 2 ​ Fe ( OH ) 3 ​ Cu ( OH ) 2 ​

Tuliskan nama senyawa berikut!

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Nama senyawa tersebut berturut-turut adalah asam oksalat, asam sulfida, magnesium hidroksida, besi(III) hidroksida, dan tembaga(II) hidroksida. Tata nama senyawa kimia adalah serangkaian aturan persenyawaan kimia yang disusun secara sistematis. Tata nama kimia disusun berdasarkan aturan IUPAC. Selain tata nama kimia berdasarkan aturan IUPAC, ada pula tata nama senyawa trivial. Tata nama trivialadalahnamadagang ataunamayang lebih sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari darisenyawatersebut. Untuksenyawa asam, aturan penamaannya: Senyawa asam yang tidak mengandung oksigen; penamaannya cukup dengan menuliskan kata “asam” lalu diikuti oleh anion/sisa asam dengan akhiran “-ida”. Senyawa asam yang mengandung oksigen maupun unsur lain atau disebut juga dengan asam-okso; penamaan didasarkan pada atom pusat yang akhirannya diganti dengan “it” dan “at”. Asam-okso dengan atom oksigen lebih sedikit menggunakan akhiran “it” pada anionnya, sedangkan untuk asam-okso dengan jumlah oksigen lebih banyak menggunakan akhiran “at” pada anionnya. Senyawa asam oksihalogen yaitu senyawa asam halida yang mengandung oksigen dan halogen; penamannya tergantung dari jumlah biloks halogennya. Untuk senyawa basa, aturan penamaannya: Penamaan senyawa basa sama dengan tata nama senyawa ionik poliatom, yaitu dengan menyebutkan nama kation/ion logam terlebih dahulu lalu diikuti dengan “hidroksida” sebagai anion ( OH − ). Jika kation berupa logam yang memiliki lebih dari 1 bilangan oksidasi, maka tuliskan bilangan oksidasi setelah nama kation/logamnya. Berikut ini penentuan nama senyawa dari rumus kimia: H 2 ​ C 2 ​ O 4 ​ : asam oksalat H 2 ​ S : asam sulfida Mg ( OH ) 2 ​ : magnesium hidroksida Fe ( OH ) 3 ​ : besi(III) hidroksida Cu ( OH ) 2 ​ : tembaga(II) hidroksida.

Nama senyawa tersebut berturut-turut adalah asam oksalat, asam sulfida, magnesium hidroksida, besi(III) hidroksida, dan tembaga(II) hidroksida.

Tata nama senyawa kimia adalah serangkaian aturan persenyawaan kimia yang disusun secara sistematis. Tata nama kimia disusun berdasarkan aturan IUPAC. Selain tata nama kimia berdasarkan aturan IUPAC, ada pula tata nama senyawa trivial. Tata nama trivial adalah nama dagang atau nama yang lebih sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dari senyawa tersebut.

Untuk senyawa asam, aturan penamaannya:

  • Senyawa asam yang tidak mengandung oksigen; penamaannya cukup dengan menuliskan kata “asam” lalu diikuti oleh anion/sisa asam dengan akhiran “-ida”.
  • Senyawa asam yang mengandung oksigen maupun unsur lain atau disebut juga dengan asam-okso; penamaan didasarkan pada atom pusat yang akhirannya diganti dengan “it” dan “at”. Asam-okso dengan atom oksigen lebih sedikit menggunakan akhiran “it” pada anionnya, sedangkan untuk asam-okso dengan jumlah oksigen lebih banyak menggunakan akhiran “at” pada anionnya.
  • Senyawa asam oksihalogen yaitu senyawa asam halida yang mengandung oksigen dan halogen; penamannya tergantung dari jumlah biloks halogennya.

Untuk senyawa basa, aturan penamaannya:

Penamaan senyawa basa sama dengan tata nama senyawa ionik poliatom, yaitu dengan menyebutkan nama kation/ion logam terlebih dahulu lalu diikuti dengan “hidroksida” sebagai anion (). Jika kation berupa logam yang memiliki lebih dari 1 bilangan oksidasi, maka tuliskan bilangan oksidasi setelah nama kation/logamnya.

Berikut ini penentuan nama senyawa dari rumus kimia:

  1. : asam oksalat
  2. : asam sulfida
  3. : magnesium hidroksida
  4. : besi(III) hidroksida
  5. : tembaga(II) hidroksida.

375

5.0 (3 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasangan rumus kimia dan nama senyawa di bawah ini yang merupakan pasangan yang benar adalah ...

2rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia