RoboguruRoboguru
SD

Tuliskan langkah-langkah menulis cerpen.

Pertanyaan

Tuliskan langkah-langkah menulis cerpen.undefined

  1. ...undefined

  2. ...undefined

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Langkah membuat cerpen sama dengan langkah-langkah menulis cerita lainnya, yaitu menentukan tema, mengumpulkan bahan, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka, dan memberi judul.

  1. Menentukan Tema
    Tentukanlah cerpen apayang akan dibuat, misalnya, tentang cinta, kejujuran, penyesalan, pergaulan remaja, narkoba, kasih sayang, atau yang lainya. Apa pun temanya, cerpen yang akan dibuat harus menarik.
  2. Mengumpulkan Bahan
    Dalam menjalani kehidupan, kita sering mengalami suatu peristiwa yang menyenangkan, menyedihkan, menjengkelkan, atau mengharukan, seperti pengalaman masa kecil ketika di SMP, ketika tinggal di rumah nenek, ketika berlibur, bahkan pengalaman orang lain. Pengalaman-pengalaman tersebut merupakan sumber inspirasi dan dapat dijadikan sebagai bahan penulisan cerpen. Jika disusun, pengalaman tersebut akan menjadi kisah yang menarik.
  3. Menyusun Kerangka
    Menyusun kerangka berarti memecahkan topik ke dalam beberapa subtopik dan menyusunya secara sistematis dan logis. Karena cerpen umumnya menggunakan alur maju, kerangka dapat disusun mengikuti pola: eksposisi­-intrik-komplikasi-klimaks-antiklimaks-resolusi.
  4. Mengembangkan Kerangka
    Setelah kerangka atau urutan subtopik tersusun, langkah selanjutnya adalah mengembangkan kerangka tersebut menjadi cerita yang utuh. Kembangkanlah satu subtopik menjadi beberapa kalimat. Hubungkanlah setiap kalimat menjadi rangkaian · kalimat yang padu atau koheren.
  5. Memberi Judul
    Langkah berikutnya adalah memberi judul. Judul tersebut harus menggambarkan keseluruhan isi cerpen yang telah dikembangkan. Judul dapat diambil dari nama tokoh, perbuatan tokoh, tempat kejadian, atau yang lainnya yang sesuai dengan isi cerita.undefined 

5rb+

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Urutkanlah agar menjadi sebuah cerita yang padu.

40

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia