Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks berikut!


Cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang berasal dari biji pipih berwarna putih yang ada di dalamnya. Rasa pedas pada cabai ini disebabkan oleh sebuah senyawa bernama kapsaisin yang terkandung di dalam biji cabai. Kapsaisin adalah senyawa kimia aktif yang mampu memberikan sensasi pedas dan panas seperti terbakar ketika dimakan. Semakin banyak kandungan kapsaisin yang ada dalam cabai, maka semakin pedas pula cabai itu. Sensasi pedas dan seperti terbakar yang terasa ketika mengonsumsi cabai terjadi karena ada reseptor pada saraf tertentu pada tubuh yang peka terhadap rasa panas. Contohnya adalah saat bersentuhan dengan lidah, dinding kerongkongan, atau dinding lambung, maka molekul kapsaisin akan berhubungan dengan reseptor saraf yang menangkap sinyal nyeri. Sinyal tadi kemudian akan diteruskan ke otak yang kemudian diartikan sebagai rasa sakit dan sensasi terbakar yang menyerang tubuh. Lambung akan merespon senyawa kapsaisin dengan cara memproduksi lendir untuk melindungi lambung dari iritasi. Akan tetapi jika terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, maka lambung akan semakin sering terpapar senyawa kapsaisin. Ketika lambung terlalu sering terpapar senyawa kapsaisin, maka efek melindungi dari lendir yang dihasilkan lambung akan berkurang. Hasilnya perut akan terasa mulas.space 

Tuliskan kesimpulan dari paragraf tersebut!space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 simpulan dari paragraf tersebut adalah cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang disebabkan oleh senyawa kapsaisin, jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan rasa mulas.

Pembahasan

Simpulan merupakan gagasan atau pendapat akhir suatu teks. 
Langkah-langkah menentukan simpulan:

  1. Membacadan mencermati seluruh paragraf
  2. Menentukan kalimat utama
  3. Menentukan ide pokok paragraf
  4. Menyusun ide pokok dan informasi penting dalam kalimat penjelas menjadi simpulan yang tepat

Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah "Cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang berasal dari biji pipih berwarna putih yang ada di dalamnya." 
Ide pokok berdasarkan kalimat utamanya adalah "Cabai terkenal dengan rasa pedasnya."

Selanjutnya, menentukan informasi penting dalam kalimat penjelas, yaitu:

  1. Rasa pedas pada cabai ini disebabkan oleh sebuah senyawa bernama kapsaisin yang terkandung di dalam biji cabai.
  2. Ketika lambung terlalu sering terpapar senyawa kapsaisin, maka efek melindungi dari lendir yang dihasilkan lambung akan berkurang.
  3. Hasilnya perut akan terasa mulas.

Setelah menemukan ide pokok paragraf dan informasi pentingnya, maka kita dapat menuliskan simpulan yang tepat untuk paragraf di atas, yaitu "Cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang disebabkan oleh senyawa kapsaisin, jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan rasa mulas."

Dengan demikian, simpulan dari paragraf tersebut adalah cabai terkenal dengan rasa pedasnya yang disebabkan oleh senyawa kapsaisin, jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan rasa mulas.

649

1.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Rangkuman teks laporan hasil observasi di atas adalah ....

566

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia