Roboguru

Tuliskan karakter tokoh Ulu dan burung beserta buktinya!

Pertanyaan

Tuliskan karakter tokoh Ulu dan burung beserta buktinya! space 

Pembahasan Soal:

Tokoh adalah pelaku dalam sebuah cerita. Tokoh dalam cerita memiliki karakter-karakter tertentu. Karakter merupakan penggambaran sifat seorang tokoh dalam cerita. Watak tokoh dalam cerita ditunjukkan oleh tokoh, seperti ada sifat yang baik/protagonis dan ada yang buruk/antagonis. Karakter tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh.
Berdasarkan kutipan, teks tersebut berisi cerita yang terdapat tokoh Ulu dan burung. Tokoh Ulu memiliki watak bijaksana. Hal itu dibuktikan dari dialog tokoh yaitu "Ulu, tidakkah kau tahu bahwa Sang Pencipta menciptakan kita dengan keunikan yang tidak sama-beda? Aku tidak sanggup berenang sepertimu dan ikan, tetapi saya sanggup terbang mengitari angkasa," burung kembali berkata dengan bijak. "Itulah yang kumaksud, Ulu. Kita masing-masing mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Semut tidak sanggup berenang sepertimu, tetapi ia sanggup menyusup ketempat-tempat kecil yang tidak sanggup kau lewati. Ikan tidak sanggup melompat-lompat sepertimu, tetapi ia bernapas di bawah air. Kamu tidak seharusnya menghina mereka!" Dalam dialog tersebut, Ulu berkata bijak bahwa Sang Pencipta menciptakan keunikan masing-masing.
Tokoh burung memiliki watak suka mengejek. Hal itu dibuktikan dari dialog tokoh yaitu "Hai Burung, kenapa kau tidak mau keluar dan menikmati hujan? Apakah kau takut bulumu basah? Atau apakah kau takut karam ke dalam bak ibarat Semut? Ataukah memang kau tidak sanggup menikmati indahnya hujan ibarat ikan?" Sesudah berkata demikian, Ulu tertawa kencang-kencang. Dalam dialog tersebut, burung mengejek Ulu yang tidak mau keluar dan menikmati hujan. Burung mengejek Ulu dengan tertawa sangat kencang.

Dengan demikian, karakter tokoh Ulu adalah bijaksana dan karakter tokoh burung adalah suka mengejek.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Raja Kuripan mempunyai dua orang putra, yaitu Raden Panji dan Raden Anom. Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji. Raden Panji menjadi iri hati melihat kecerdasan Raden Anom. Oleh karena itu, ia ...

Pembahasan Soal:

Watak dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Watak Raden Panji dan Raden Anom digambarkan dari narasi penulis terhadap tokoh. Pada kalimat dua, penulis menggambarkan watak tokoh menggunakan narasi berupa Raden Anom lebih cerdas daripada Raden Panji.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Bagaimana pesan yang terkandung dalam teks tersebut?

Pembahasan Soal:

Fabel merupakan cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia, namun bertokohkan hewan/binatang.

Unsur intrinsik fabel meliputi:

  1. Tema. Tema merupakan gagasan utama dalam suatu cerita.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh dalam fabel berupa binatang. Tokoh ini diberi citraan (penokohan) sebagai binatang yang berperilaku seperti manusia
  3. Latar. Latar di dalam fabel dibagi menjadi tiga yaitu latar waktu, tempat, dan suasana.
  4. Alur. Alur merupakan jalan cerita atau urutan suatu peristiwa yang diceritakan di dalam sebuah cerita. Alur dibagi menjadi empat yaitu alur maju, mundur, campuran, dan sorot balik. Namun,  biasanya fabel itu menggunakan alur maju atau urutannya dari awal cerita hingga akhir cerita.
  5. Sudut pandang. Sudut pandang adalah cara yang digunakan pengarang untuk bercerita. Sudut pandang dibagi menjadi dua yaitu sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang pertama, pengarang terlibat dalam cerita tersebut. Sudut pandang orang ketiga, pengarang tidak terlibat dalam cerita tersebut.
  6. Amanat. Amanat adalah pesan moral yang terdapat pada suatu cerita.

Untuk menentukan pesan cerita dapat dilakukan dengan mengetahui ciri-ciri pesan sebagai berikut:

  1. Pesan berisi saran, ajakan, atau imbauan.
  2. Untuk hal-hal yang baik, pembaca diajak/diimbau untuk melakukan (biasanya ditandai dengan kata kerja berpartikel –lah). Misalnya, pedulilah, bantulah, dsb.
  3. Untuk hal-hal negatif, pembaca diimbau untuk tidak melakukan (biasanya ditandai dengan penggunaan kata jangan).

Pesan yang terkandung dalam cerita di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri. Simpulan pesan ini berdasarkan keseluruhan cerita, terutama kalimat  "Pergi sana, aku mau memangsa Kambing saja!" Bebek yang merasa senang, kemudian berlari dengan kecepatan penuh.

Dengan demikian, pesan yang terkandung dari kutipan fabel di atas adalah jangan mengorbankan orang lain untuk kebahagiaan dan keselamatan diri sendiri.space 

0

Roboguru

Monyet lalu memanjat pohon itu. Begitu sampai di atas, monyet langsung memakan pisang yang ada di pohon itu. Kura-kura kaget dan marah. "Hei sahabatku! Mengapa kau makan pisangku?!" tanya kura-kura ma...

Pembahasan Soal:

Watak monyet adalah serakah. Watak monyet sangat serakah karena telah memakan semua pisang milik kura-kura.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Sifat saya yang tergambar pada teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

Kutipan teks :

Nasihat-nasihat ibu terlalu datar seperti air bengawan di musim kemarau, saya pun mulai bosan. Setiap keadaan membuat ibu memberikan nasihat-nasihat.

Sifat saya yang tergambar pada teks di atas adalah pembangkang. Pembangkang memiliki arti sifat seseorang yang suka melawan atau menentang. Pada teks tersebut sifat dari karakter saya memiliki sifat yang pembangkang. Hal ini dapat dilihat dari sikapnya tidak mau mendengarkan dan menuruti nasihat yang diberikan ibunya. Karakter saya mengatakan bahwa dia merasa bosan akan nasihat-nasihat ibunya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Latar pada kutipan fabel di atas adalah …

Pembahasan Soal:

Fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Fabel di atas bercerita tentang seekor kura-kura yang akan dinikahkan dengan putri Pak Tani. Latar pada fabel adalah gambaran tempat waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa. 

Latar tempat pada fabel di atas terlihat pada kalimat kedua paragraf yaitu Ia duduk di teras rumah Pak Tani, memperhatikan kesibukan orang-orang yang berlalu lalang di sekitarnya. Sedangkan latar waktu terlihat pada kalimat terakhir paragraf yaitu Matahari yang telah tinggi membuatnya kegerahan. Kalimat tersebut menyatakan bahwa latar waktunya adalah siang hari karena waktu matahari mulai meninggi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved