Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan dua unsur transisi periode empat yang konfigurasi elektronnya menyimpang dari asas Aufbau!Mengapa hal itu dapat terjadi?

Tuliskan dua unsur transisi periode empat yang konfigurasi elektronnya menyimpang dari asas Aufbau! Mengapa hal itu dapat terjadi?

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Asasaufbau yaitu asasyang menyatakan elektron yang mengorbit satu atau lebih atom mengisi tingkat energi terendah yang tersedia sebelum mengisi orbital dengan tingkat energi lebih tinggi. Pada aturan aufbau, urutan orbita dari tingkat energi terendah ke tinggi yaitu 1s-2s-2p-3s-3p-3d-4s dan seterusnya. Pada unsur transisi periode 4, semua unsur telah mengisi orbital 3d dan 4s. Karena 3d energinya lebih tinggi dari 4s maka orbital 4s diisi oleh elektron dulu hingga penuh baru elektron sisanya mengisi orbital 3d. Dua unsur transisi periode 4 yang menyimpang dari asasaufbau adalah kromium (Cr) dan tembaga (Cu) . Konfigurasi elektron dari kedua unsur tersebut : Elektron pada 4s dari tembaga dan kromium berpindah ke orbital 3d, sehingga konfigurasi elektron pada orbital 3d menjadi setengah penuh dan penuh. Penyebab perpindahan ini karena konfigurasi setengah penuh dan penuh tersebut lebih stabil dibandingkan konfigurasi yang mengikuti asasaufbau.

Asas aufbau yaitu asas yang menyatakan elektron yang mengorbit satu atau lebih atom mengisi tingkat energi terendah yang tersedia sebelum mengisi orbital dengan tingkat energi lebih tinggi. Pada aturan aufbau, urutan orbita dari tingkat energi terendah ke tinggi yaitu 1s-2s-2p-3s-3p-3d-4s dan seterusnya. Pada unsur transisi periode 4, semua unsur telah mengisi orbital 3d dan 4s. Karena 3d energinya lebih tinggi dari 4s maka orbital 4s diisi oleh elektron dulu hingga penuh baru elektron sisanya mengisi orbital 3d.

Dua unsur transisi periode 4 yang menyimpang dari asas aufbau adalah kromium (Cr) dan tembaga (Cu) . Konfigurasi elektron dari kedua unsur tersebut :

begin mathsize 14px style Cu presubscript 24 equals open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared 3 d to the power of 4 space menjadi space open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 3 d to the power of 5 Cr presubscript 24 equals open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared 3 d to the power of 9 space menjadi space open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 3 d to the power of 10 end style

Elektron pada 4s dari  tembaga dan kromium berpindah ke orbital 3d, sehingga konfigurasi elektron pada orbital 3d menjadi setengah penuh dan penuh. Penyebab perpindahan ini karena konfigurasi setengah penuh dan penuh tersebut lebih stabil dibandingkan konfigurasi yang mengikuti asas aufbau.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Shabrina Andini

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan konfigurasi elektron dari: A. 24 ​ Cr B. 29 ​ Cu

6

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia