Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan unsur intrinsik novel!

Tuliskan dan jelaskan unsur intrinsik novel! 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun dari dalam karya atau novel itu sendiri, terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.

unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun dari dalam karya atau novel itu sendiri, terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.undefined 

Iklan

Pembahasan

Novel adalah karangan prosa yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seorang tokoh dengan tokoh di sekelilingnya dan menonjolkan watak setiap tokoh tersebut. Biasanya, cerita dalam novel dimulai dari peristiwa terpenting yang dialami oleh tokoh, yang kelak mengubah hidupnya. Oleh sebab itu, novel biasanya memiliki kisah yang lebih kompleks daripada cerpen. Sama seperti karya fiksi lainnya, novel dibangun oleh unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun dari dalam karya tersebut, seperti tema, alur, penokohan, dan sebagainya. Berikut unsur intrinsik novel: Tema: persoalan yang diangkat dalam novel. Tema mewakili isi novel secara umum. Tokoh dan Penokohan: semua orang yang terlibat di dalam novel. Alur: jalan cerita. Alur terdiri atas dua jenis, yaitu alur maju dan alur sorot-balik. Latar: setting .Latar terbagi atas tiga jenis, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Sudut pandang ( point of view) . Merupakan cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Sudut pandang dapat terdiri dari sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. Gaya bahasa . Penggunaan bahasa oleh penulis yang berfungsi untuk menimbulkan konotasi tertentu. Amanat: pesan moral yang didapat setelah kita selesai membaca novel. Dengan demikian, unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun dari dalam karya atau novel itu sendiri, terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.

Novel adalah karangan prosa yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seorang tokoh dengan tokoh di sekelilingnya dan menonjolkan watak setiap tokoh tersebut. Biasanya, cerita dalam novel dimulai dari peristiwa terpenting yang dialami oleh tokoh, yang kelak mengubah hidupnya. Oleh sebab itu, novel biasanya memiliki kisah yang lebih kompleks daripada cerpen.

Sama seperti karya fiksi lainnya, novel dibangun oleh unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun dari dalam karya tersebut, seperti tema, alur, penokohan, dan sebagainya.

Berikut unsur intrinsik novel:

  1. Tema: persoalan yang diangkat dalam novel. Tema mewakili isi novel secara umum.
  2. Tokoh dan Penokohan: semua orang yang terlibat di dalam novel.
  3. Alur: jalan cerita. Alur terdiri atas dua jenis, yaitu alur maju dan alur sorot-balik.
  4. Latar: setting. Latar terbagi atas tiga jenis, yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.
  5. Sudut pandang (point of view). Merupakan cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Sudut pandang dapat terdiri dari sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. 
  6. Gaya bahasa. Penggunaan bahasa oleh penulis yang berfungsi untuk menimbulkan konotasi tertentu.
  7. Amanat: pesan moral yang didapat setelah kita selesai membaca novel.undefined  

Dengan demikian, unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun dari dalam karya atau novel itu sendiri, terdiri atas tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Novel

Unsur Intrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel

Kebahasaan Novel

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sembari santap sore di ruang tengah rumah, Suar mencermati wajah ayah dan ibunya yang sedang asyik mengunyah. Masih saja rupawan, meskipun sang waktu sedikit memakan kulit mereka. "Albi sekarang bik...

612

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia