Pertanyaan

Sembari santap sore di ruang tengah rumah, Suar mencermati wajah ayah dan ibunya yang sedang asyik mengunyah. Masih saja rupawan, meskipun sang waktu sedikit memakan kulit mereka. "Albi sekarang bikin usaha bareng teman-temannya," ucap Bapak sembari menyerahkan semangkuk sambal pada anak sulungnya. "Usaha apa, Al?" tanya Suar sambil mengambil mangkuk sambal dan menyendoknya ke piring. Albi menyahut, "Iseng-iseng aja, Mbak. Bikin cloting -an." "Keren banget kamu. Masih sekolah, tapi udah berani mengambil lompatan besar," puji Suar. "Oh, ya, Ar, kerjaanmu gimana ? Lancar?" tanya Ibu. "Pak, Buk, ada yang mau Suar sampaikan. Suar keluar dari kerjaan." "Mau cari kerjaan lain?" tanya Bapak. Gadis itu menggeleng. "Suar mau kejar cita-cita yang dulu Suar tinggalkan." "Jadi sutradara?" Gadis itu mengangguk. "Bukannya mau mematahkan semangatmu. Tapi kamu tahu sendiri, kalau di negeri ini, penggiat seni belum dihargai dengan semestinya. Bagaimana kalau gagal di tengah jalan? Kamu siap?" tanya Ibu. "Lebih baik Suar gagal saat mencoba, Bu, daripada selamanya bertanya-tanya," Suar menjawab mantap. " Ndak bisa nyambi kerja, Ar? Maksud Bapak kerjaan yang gajinya pasti. Setidaknya untuk keperluan kamu sehari-hari," tanya Bapak "Suar mau fokus, Pak. Kasih Suar waktu. Kalau setahun ke depan enggak ada hasil, Suar bakal kembali kerja. Suar janji, enggak akan nyusahin Bapak dan Ibu." Dikutip dari: Fiersa Besari, Catatan Juang, Jakarta, Mediakita, 2018 Tentukan unsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut!

    Sembari santap sore di ruang tengah rumah, Suar mencermati wajah ayah dan ibunya yang sedang asyik mengunyah. Masih saja rupawan, meskipun sang waktu sedikit memakan kulit mereka.
    "Albi sekarang bikin usaha bareng teman-temannya," ucap Bapak sembari menyerahkan semangkuk sambal pada anak sulungnya.
    "Usaha apa, Al?" tanya Suar sambil mengambil mangkuk sambal dan menyendoknya ke piring.
    Albi menyahut, "Iseng-iseng aja, Mbak. Bikin cloting-an."
    "Keren banget kamu. Masih sekolah, tapi udah berani mengambil lompatan besar," puji Suar.
    "Oh, ya, Ar, kerjaanmu gimana? Lancar?" tanya Ibu.
    "Pak, Buk, ada yang mau Suar sampaikan. Suar keluar dari kerjaan."
    "Mau cari kerjaan lain?" tanya Bapak.
    Gadis itu menggeleng. "Suar mau kejar cita-cita yang dulu Suar tinggalkan."
    "Jadi sutradara?"
    Gadis itu mengangguk.
    "Bukannya mau mematahkan semangatmu. Tapi kamu tahu sendiri, kalau di negeri ini, penggiat seni belum dihargai dengan semestinya. Bagaimana kalau gagal di tengah jalan? Kamu siap?" tanya Ibu.
    "Lebih baik Suar gagal saat mencoba, Bu, daripada selamanya bertanya-tanya," Suar menjawab mantap.
    "Ndak bisa nyambi kerja, Ar? Maksud Bapak kerjaan yang gajinya pasti. Setidaknya untuk keperluan kamu sehari-hari," tanya Bapak
    "Suar mau fokus, Pak. Kasih Suar waktu. Kalau setahun ke depan enggak ada hasil, Suar bakal kembali kerja. Suar janji, enggak akan nyusahin Bapak dan Ibu."

Dikutip dari: Fiersa Besari, Catatan Juang, Jakarta, Mediakita, 2018


Tentukan unsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Unsur intrinsik adahih unsur-unsur yang secara langsung membangun Cerita. Unsur-unsur intrinsik sebuah novel diantaranya sebagai berikut: Tema adalah gagasan utama yang menjiwai keseluruhan cerita. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Alur atau plot adalah jalan cerita yang mempimyai hubungan sebab-akibat. Latar menjadi landas tumpu dalam sebuah novel. Latar merujuk pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan linkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam novel sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita. Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarangg sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dart berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Menentukan unsur-unsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut. Tema: Berjuang untuk mencapai cita-cita Tokoh: Suar, ayah, ibu, Albi. Alur: Konvensional (maju) Latar Tempat: Ruang tamu waktu: Sore hari Sudut pandang: orang ketiga serba tahu Amanat: Kita harus berjuang untuk mewujudkan cita-cita.

Unsur intrinsik adahih unsur-unsur yang secara langsung membangun Cerita. Unsur-unsur intrinsik sebuah novel diantaranya sebagai berikut:

  1. Tema adalah gagasan utama yang menjiwai keseluruhan cerita. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita.
  2. Alur atau plot adalah jalan cerita yang mempimyai hubungan sebab-akibat.
  3. Latar menjadi landas tumpu dalam sebuah novel. Latar merujuk pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan linkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  4. Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam novel sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita.
  5. Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarangg sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dart berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca.
  6.  Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca.

Menentukan unsur-unsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut.

  • Tema: Berjuang untuk mencapai cita-cita
  • Tokoh: Suar, ayah, ibu, Albi.
  • Alur: Konvensional (maju)
  • Latar
    Tempat:
    Ruang tamu
    waktu: Sore hari
  • Sudut pandang: orang ketiga serba tahu
  • Amanat: Kita harus berjuang untuk mewujudkan cita-cita.undefined 

438

Iklan

Pertanyaan serupa

Novel I Novel II Ingin rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku akan bilang, “Ya enggak gitu, bodoh!” Tapi mama sudah melarangku ...

47

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia