Roboguru

Tuliskan dan jelaskan : b.  Jaringan pada Tumbuhan

Pertanyaan

Tuliskan dan jelaskan :
b.  Jaringan pada Tumbuhanundefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Pembahasan Soal:

Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan meristem, jaringan parenkim, jaringan epidermis, jaringan pengangkut, dan jaringan penyokong.

  • Jaringan meristem: jaringan yang tersusun atas sel-sel yang aktif membelah. Jaringan ini terletak di ujung akar dan ujung batang. Jaringan ini dapat meregang, membesar, dan berdiferensiasi menjadi jaringan lainnya ketika dewasa.
  • Jaringan parenkim: merupakan jaringan dasar mengisi ruang antarjaringan. Jaringan ini terdapat di semua bagian tubuh tanaman, seperti batang, akar, dan daun. Jaringan parenkim yang berada di daun yaitu mesofil (palisade dan spons) berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.
  • Jaringan epidermis: disebut juga jaringan pelindung karena berada di lapisan terluar dan fungsinya untuk melindungi permukaan tumbuhan. Jaringan ini tersusun atas sel-sel yang menutup seluruh permukaan dengan rapat.
  • jaringan pengangkut: jaringan yang berfungsi untuk proses pengangkutan zat-zat yang ada di dalam tumbuhan. Jaringan ini terdiri atas pembuluh pengangkut xilem dan floem. Xilem berfungsi untuk mengangkut air dan unsur hara dari tanah ke daun. Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.
  • Jaringan penyokong: jaringan penyokong berfungsi sebagai penguat/penyokong tumbuhan. Dindingnya tebal dan akan berhenti melakukan pembelahan ketika sudah mencapai usia dewasa.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 11 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved