Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan 5 jaringan pada tumbuhan beserta dengan fungsinya!

Sebutkan 5 jaringan pada tumbuhan beserta dengan fungsinya!space 

  1. ....space 

  2. ....space 

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berikut ini merupakan 5 jaringan tumbuhan dan fungsinya : Jaringan meristem ,merupakan kumpulan sel yang aktif membelah menghasilkan sel-sel baru yang belum terdiferensiasi, yang kemudian dapat berkembang menjadi berbagai jaringan dan organ tumbuhan. Jaringan meristem terdiri atas jaringan meristem primer (terletak pada ujung akar dan ujung batang) yang menyebabkan pertambahan tinggi tumbuhan dan meristem sekunder (kambium) yang menyebabkan pertambahan lebar diameter batang. Jaringan epidermis ,merupakan jaringan paling luar dari tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis menutupi seluruh tubuh tumbuhan, mulai dari akar, batang, dan daun. Epidermis terdiri atas selapis sel, rapat (tanpa ruang antarsel), dan berdinding tebal. Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai pelindung jaringan di dalamnya dan tempat pertukaran zat. Jaringan Dasar (Parenkima) , merupakan jaringan yang menjadi tempat bagi jaringan lain. Parenkima tersusun atas banyak sel parenkima berdinding tipis, antara sel satu dengan yang lain terdapat ruang antarsel. Fungsi parenkima sangat beragam. Pada daun, jaringan parenkima membentuk mesofil daun (untuk melakukan fotosintesis), sedangkan padabatang dan akar, jaringan parenkima berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Jaringan Penguat atau Penyokong , terdiri atas kolenkima dan sklerenkima. Kolenkima merupakan jaringan yang memberi kekuatan yang bersifat sementara pada tumbuhan. Apabila tumbuhan sudah tua, kolenkima akan diganti dengan sklerenkima. Kolenkima tersusun atas sel hidup, bentuknya memanjang, mempunyai penebalan dinding yang tidak merata, dan terdapat di bagian tepi batang yang masih muda,tepi helai, tangkai, atau tulang daun. Sklerenkima merupakan jaringan penguat yang bersifat permanen. Sel-sel penyusun sklerenkima mengalami penebalan dinding yang tebal dan merata. Umumnya penebalan dinding ini mengandung lignin dan selulosa yang berlapis-lapis sehingga akhirnya menjadi jaringan mati. Jaringan Pengangkut , merupakan jaringan yang tersusun atas pembuluh-pembuluh. Jaringan pengangkut ada dua macam, yaitu xilem dan floem. Xilem (jaringan pembuluh kayu) tersusun atas sel-sel memanjang yang sudah mati,saling menyambung membentuk suatu pembuluh. Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Floem (jaringan pembuluh tapis) terdiri atas sel-sel hidup berdinding tipis. Floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Berikut ini merupakan 5 jaringan tumbuhan dan fungsinya :

  1. Jaringan meristem, merupakan kumpulan sel yang aktif membelah menghasilkan sel-sel baru yang belum terdiferensiasi, yang kemudian dapat berkembang menjadi berbagai jaringan dan organ tumbuhan. Jaringan meristem terdiri atas jaringan meristem primer (terletak pada ujung akar dan ujung batang) yang menyebabkan pertambahan tinggi tumbuhan dan meristem sekunder (kambium) yang menyebabkan pertambahan lebar diameter batang.
  2. Jaringan epidermis, merupakan jaringan paling luar dari tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis menutupi seluruh tubuh tumbuhan, mulai dari akar, batang, dan daun. Epidermis terdiri atas selapis sel, rapat (tanpa ruang antarsel), dan berdinding tebal. Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai pelindung jaringan di dalamnya dan tempat pertukaran zat.
  3. Jaringan Dasar (Parenkima), merupakan jaringan yang menjadi tempat bagi jaringan lain. Parenkima tersusun atas banyak sel parenkima berdinding tipis, antara sel satu dengan yang lain terdapat ruang antarsel. Fungsi parenkima sangat beragam. Pada daun, jaringan parenkima membentuk mesofil daun (untuk melakukan fotosintesis), sedangkan pada batang dan akar, jaringan parenkima berfungsi sebagai tempat cadangan makanan.
  4. Jaringan Penguat atau Penyokong, terdiri atas kolenkima dan sklerenkima. Kolenkima merupakan jaringan yang memberi kekuatan yang bersifat sementara pada tumbuhan. Apabila tumbuhan sudah tua, kolenkima akan diganti dengan sklerenkima. Kolenkima tersusun atas sel hidup, bentuknya memanjang, mempunyai penebalan dinding yang tidak merata, dan terdapat di bagian tepi batang yang masih muda, tepi helai, tangkai, atau tulang daun. Sklerenkima merupakan jaringan penguat yang bersifat permanen. Sel-sel penyusun sklerenkima mengalami penebalan dinding yang tebal dan merata. Umumnya penebalan dinding ini mengandung lignin dan selulosa yang berlapis-lapis sehingga akhirnya menjadi jaringan mati.
  5. Jaringan Pengangkut, merupakan jaringan yang tersusun atas pembuluh-pembuluh. Jaringan pengangkut ada dua macam, yaitu xilem dan floem. Xilem (jaringan pembuluh kayu) tersusun atas sel-sel memanjang yang sudah mati, saling menyambung membentuk suatu pembuluh. Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Floem (jaringan pembuluh tapis) terdiri atas sel-sel hidup berdinding tipis. Floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.space 

Latihan Bab

Sel

Organ

Sistem Organ dan Organisme

Jaringan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

515

Zahroh lailatul Akhsana

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah yang dimaksud jaringan? Berikan masing-masing tiga contoh jaringan yang terdapat pada hewan dan tumbuhan?

603

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia