Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam!

Tuliskan beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam adalahkarya sastraNitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending serta tradisi Sekaten.

beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam adalah karya sastra Nitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending serta tradisi Sekaten.

Iklan

Pembahasan

Kesultanan Mataram merupakan kerajaan Islam yang pernah berdiri di Pulau Jawa pada abad ke-17.Kesultanan Mataram meninggalkan beberapa peninggalan yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-Islam. Peninggalan tersebut sepertikarya sastra yang antara lain Nitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending. Selain itu, Tradisi Sekaten yang merupakan akulturasi kebudayaan Islam dengan kebudayaan lokal. Wujud akulturasi ini dapat dilihat dalam upacara Sekaten yang ditandai dengan upacara pemberian sajen. Dengan demikian, beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam adalahkarya sastraNitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending serta tradisi Sekaten.

Kesultanan Mataram merupakan kerajaan Islam yang pernah berdiri di Pulau Jawa pada abad ke-17. Kesultanan Mataram meninggalkan beberapa peninggalan yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-Islam. Peninggalan tersebut seperti karya sastra yang antara lain Nitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending. Selain itu, Tradisi Sekaten yang merupakan akulturasi kebudayaan Islam dengan kebudayaan lokal. Wujud akulturasi ini dapat dilihat dalam upacara Sekaten yang ditandai dengan upacara pemberian sajen.

Dengan demikian, beberapa peninggalan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan hasil akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan pra-lslam adalah karya sastra Nitisriti, Nitipradja, dan Sastra Gending serta tradisi Sekaten.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada Masa Kerajaan Hindu Buddha terdapat konsep dewaraja, yaitu raja dianggap sebagai titisan dewa. Konsep ini digunakan sebagai upaya raja memperoleh legitimasi dari rakyat. Pada Masa kesultanan Isla...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia