Roboguru

Pada tanggal 5 April 1950, gerombolan Andi Azis mengadakan penyerangan serta menduduki tempat-tempat vital dan menawan Panglima Teritorium Indonesia Timur, Letnan Kolonel A.J. Mokoginta. Selain itu, pasukan Andi Azis juga mengeluarkan tuntutan. Kemukakan tuntutan yang dikeluarkan Andi Azis tersebut !

Pertanyaan

Pada tanggal 5 April 1950, gerombolan Andi Azis mengadakan penyerangan serta menduduki tempat-tempat vital dan menawan Panglima Teritorium Indonesia Timur, Letnan Kolonel A.J. Mokoginta. Selain itu, pasukan Andi Azis juga mengeluarkan tuntutan. Kemukakan tuntutan yang dikeluarkan Andi Azis tersebut !

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar (Ujung Pandang, Sulawesi Selatan) di bawah pimpinan Kapten Andi Azis. Tujuan pemberontakan rni adalah mempertahankan keutuhan Negara Indonesia Timur (NIT). Pada tanggal 5 April 1950, gerombolan Andi Azis mengadakan penyerangan serta menduduki tempat-tempat vital dan menawan Panglima Teritorium Indonesia Timur, Letnan Kolonel A.J. Mokoginta. Selain itu, pasukan Andi Azis juga mengeluarkan tuntutan yang berisi hal-hal berikut.

  1. Negara Indonesia Timur harus tetap berdiri.
  2. Menentang masuknya APRIS dan TNI yang didatangkan dari Jawa.
  3. Hanya pasukan APRIS dari bekas KNIL yang menjaga keamanan Indonesia Timur.

Dengan demikian, terdapat tiga poin tuntuan yang dikeluarkan oleh Andi Azis yakni Negara Indonesia Timur harus tetap berdiri hingga hanya pasukan APRIS dari bekas KNIL yang menjaga keamanan Indonesia Timur. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! Tujuan pemberontakan adalah mempertahankan keutuhan Negara Indonesia Timur (NIT). Latar belakang pemberontakan adalah karena gerombolan Andi Azis menolak ...

Pembahasan Soal:

Pada 5 April 1950, terjadi pemberontakan Andi Azis di Makassar. Pemberontakan ini di bawah pimpinan Kapten Andi Azis, seorang mantan perwira KNIL yang baru saja diterima masuk ke dalam APRIS. Pasukan Andi Azis melakukan penyerangan serta menduduki tempat-tempat vital dan menangkap Panglima Teritorium Indonesia Timur Letnan Kolonel A.J. Mokoginta. Pemberontakan ini terjadi karena gerombolan Andi Azis menolak masuknya pasukan-pasukan APRIS dan TNI serta bertujuan untuk mempertahankan keutuhan Negara Indonesia Timur. Untuk menanggulangi hal tersebut, pemerintah mengeluarkan ultimatum pada 8 April 1950 yang memerintahkan kepada Andi Azis agar melaporkan diri serta mempertanggungjawabkan perbuatannya ke Jakarta dalam tempo 4 x 24 jam. Ia juga diperintahkan untuk menarik pasukan, menyerahkan semua senjata, dan membebaskan tawanan. Pada 15 April 1950, Andi Azis ditangkap yang kemudian diadili·di Pengadilan Militer Yogyakarta pada tahun 1953 serta dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. Selanjutnya, pada 21 April 1950, Sukawati yang menjabat sebagai Wali Negara NIT mengumumkan bahwa NIT bersedia untuk bergabung dengan NKRI.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Pada 5 April 1950 pasukan Andi Aziz melancarkan pemberontakan terhadap pemerintah Indonesia. Mereka yang tergabung dalam pasukan Andi Aziz menamakan dirinya sebagai ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 5 April 1950, Pemerintah Indonesia mengutus pasukan TNI dari Jawa untuk mengamankan daerah Sulawesi Selatan. Tetapi, kedatangan TNI ini dianggap mengancam kelompok masyarakat yang pro federal. Akhirnya, masyarakat yang pro federal ini bergabung di bawah komando Andi Azis dan membentuk pasukan bernama Pasukan Bebas.

0

Roboguru

Pada 5 April 1950 pasukan Andi Aziz menangkap dan menahan sejumlah anggota APRIS di Makassar. Faktor yang mendorong pasukan Andi Aziz menangkap dan menahan anggota APRIS tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Andi Aziz muncul sebagai bentuk ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan Rekonstruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (RERA). Dalam kebijakan tersebut, pemerintah bermaksud menyatukan badan-badan militer ke dalam Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS), termasuk KNIL Sementara itu, pasukan KNIL di Sulawesi Selatan yang dipimpin Andi Azis menolak kebijakan tersebut. Pemberontakan mencapai puncaknya pada 5 April 1950 ketika terdengar berita bahwa pemerintah RIS mengirimkan sekitar 900 pasukan APRIS ke Makassar untuk menjaga keamanan. Kedatangan pasukan APRIS pasukan Andi Azis khawatir kedudukannya akan terdesak oleh pasukan baru tersebut. Di bawah komando Andi Aziz, pasukan KNIL menolak masuknya pasukan APRIS dari unsur TNI ke Sulawesi Selatan.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Pada April 1950 bekas pasukan KNIL mendengar berita bahwa 900 APRIS yang berasal dari TNI yang akan datang ke Makasar untuk mejaga keamanan. Respons bekas pasukan KNIL di Makasar terhdap isu tesebut d...

Pembahasan Soal:

Bentuk dari disintegrasi bangsa salah satunya ialah terjadinya pemberontakan atau pergolakan yang mengancam kesatuan nasional. Adapun yang melatarbelakangi hal tersebut terjadi ialah adanya ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintahan pusat sehingga membuat mereka ingin membangun negara sendiri atau lepas dari NKRI. Pada awal April 1950, pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemberontakan ini dipimpin oleh Kapten Andi Azis sendiri, Ia merupakan mantan perwira KNIL dan baru diterima masuk ke dalam APRIS. Andi Azis bersama gerombolannya ingin mempertahankan Negara Indonesia Timur. Selain itu, hal ini juga dilatarbelakangi oleh  karena pada awal bulan April tahun 1950 terdengar berita bahwa pemerintah harus mengirim sekira 900 pasukan TNI dari unsur APRIS ke Makassar untuk menjaga keamanan pasukan TNI tersebut yang dipimpin oleh Mayor H V Worang. Tujuannya adalah meredakan ketegangan yang sering muncul akibatnya beberapa tindakan yang dilakukan oleh Andi Azis bersama pasukannya adalah menyerbu dan menduduki markas APRIS, menguasai beberapa wilayah di Makassar, dan menghalangi pendaratan batalion Worang. Mengetahui hal tersebut, pemerintah kemudian mengeluarkan ultimatum yang dilayangkan isinya memerintahkan kepada Andi Azis untuk melaporkan diri sekaligus harus mempertanggungjawabkan perbuatannya itu ke Jakarta, Andi Azis diberi waktu selama 4 x 24 jam.  Ternyata Andi Azis sama sekali tidak menggubris ultimatum tersebut. Karena Andi Azis tidak menggubris, maka pemerintah langsung bereaksi dengan mengirim pasukan-pasukan ekspedisi. Pasukan ekspedisi mendarat di Makassar pada tanggal 26 April 1950 di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang, pada saat itu terjadilah pertempuran.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah C.
 

6

Roboguru

Jelaskan secara singkat pemberontakan Andi Aziz di Makasar!

Pembahasan Soal:

Pemberontakan Andi Aziz terjadi pada 8 April 1950 di Makassar. Pemberontakan ini terjadi karena kekecewaan KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger, Pasukan Kolonial Hindia Belanda) terhadap hasil Konferensi Meja Bundar yang mana KNIL harus bergabung dengan APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat) bersama pasukan TNI yang didominasi oleh TNI dari Jawa. KNIL menuntut diberikan wewenang atas keamanan di Negara Indonesia Timur. Di bawah kepemimpinan Andi Aziz, seorang mantan perwira KNIL, pemberontakan dilakukan. Pasukan Andi Aziz menuntut agar pasukan TNI ditarik dari Makassar, Negara Indonesia Timur dipertahankan, dan KNIL diberi wewenang atas keamanan di Negara Indonesia Timur.
Pemberontakan meletus setelah bekas serdadu KNIL menyerang markas APRIS dan menyandera sejumlah perwira APRIS di Makassar. Setelah menguasai Makassar, Pasukan Andi Aziz mengultimatum agar pemerintah memenuhi tuntutannya. Menanggapi ultimatum tersebut, pada 8 April 1950. Pemerintah mengeluarkan ultimatum agar Andi Azis datang ke Jakarta, jika tidak Kapal Laut "Hang Tuah" akan meyerang Makassar. Pemerintah juga meminta agar Andi Azis bertanggung jawab atas tindakannya dalam 4 x 24 jam, namun ultimatum tersebut diabaikan. Sehingga pemerintah mengirim pasukan di bawah komando Kolonel Alex Kawilarang. Pemberontakan ini berakhir ketika Andi Azis ditangkap pada 15 April 1950 di Jakarta dan mendapat hukuman 15 tahun penjara.

Dengan demikian, pemberontakan Andi Azis di Makassar pada 1950 yang dilancarkan oleh para mantan serdadu dan perwira KNIL yang menolak bergabung dengan TNI dalam APRIS serta berusaha untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesia Timur.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved