Roboguru

Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah ...

Pertanyaan

Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah ...

  1. memajukan perusahaan daerah

  2. memberikan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi

  3. melindungi  pengusaha  pribumi  dari  persaingan  dengan  pengusaha nonpribumi

  4. memberikan fasilitas bea ekspor bagi pengusaha non pribumi

Pembahasan Soal:

Program sistem ekonomi gerakan benteng atau program ekonomi benteng adalah kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah Indonesia pada bulan April 1950 dan secara resmi diberhentikan pada tahun 1957. Tujuannya adalah membina pembentukan suatu kelas pengusaha Indonesia. Menumbuhkan kelas pengusaha di kalangan bangsa Indonesia dengan memberikan para pengusaha Indonesia yang bermodal lemah bantuan kredit dan bimbingan usaha. Para pengusaha Indonesia diharapkan akan berkembang dan maju.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tanggal dan tahun berapa Indonesia mengeluarkan uang RI yang disebut ORI ?

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 30 Oktober 1946 disahkan Oeang Repoeblik Indonesia oleh Presiden Soekarno. Berdasarkan lahirnya emisi pertama ORI, penerbitan yang tercantum pada tanggal emisi 17 Oktober 1945 berlaku mulai 30 Oktober 1946.

Jadi, jawabannya adalah 30 Oktober 1946. 

0

Roboguru

Jelaskan secara rinci tentang latar belakang dikeluarkannya dekret presiden 5 juli 1958!

Pembahasan Soal:

Pemilihan Umum 1955 selain memilih anggota Dewan perwakilan Rakyat (DPR) juga memilih Konstituante sebagai lembaga penyusun konstitusi baru. Konstituante dipilih sebagai pembentuk undang-undang dasar baru pengganti Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Konstituante memiliki jumlah anggota sebanyak 514 anggota. Namun Konstituante gagal membentuk konstitusi baru hingga berlarut-larut, karena pertentangan antara partai di Konstituante. Pertentangan ini tidak bisa diselesaikan karena Konstituante terpecah antara partai-partai dan tidak ada partai dominan. Hal ini tak lepas dari hasil Pemilu 1955 yang tidak memiliki pemenang jelas. Empat partai besar hasil pemilu 1955, yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI), Masyumi, Nahdatul Ulama, serta Partai Komunis Indonesia (PKI) memiliki pandangan yang sangat berbeda-beda dan sulit mencapai titik temu. Untuk mengatasi masalah ini Presiden Sukarno mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959, yang memutuskan kembali berlakunya UUD 1945. Dekrit Presiden ini membubarkan Konstituante, merubah bentuk pemerintahan Indonesia menjadi republik dengan Sistem Presidensial, dengan kekuasaan pemimpin negara dan pemimpin pemerintahan dipegang oleh Presiden secara langsung dan menghapuskan posisi perdana menteri. Dengan dekrit ini, mulailah masa Demokrasi Terpimpin dan berakhirlan masa Demokrasi Liberal, dimana sebelumnya pemerintahan Indonesia berbentuk republik dengan Sistem Parlementer dengan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Dengan demikian, latarbelakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah kegagalan konstituante dalam menyusun Undang-Undang Dasar yang baru, menggantikan Undang-Undang Dasar Sementara 1950. Kondisi ini menimbulkan ketidakpastian politik, sehingga presiden Sukarno memutuskan  untuk kembali pada Undang Undang Dasar 1945.

0

Roboguru

Pasukan I Gusti Ngurah Rai yang bertugas mengamankan wilayah Bali dari serbuan tentara Belanda dan melucuti polisi NICA di wilayah Tabanan bernama ....

Pembahasan Soal:

Sebagai Kepala Divisi Sunda Kecil, I Gusti Ngurah Rai memiliki banyak pasukan yang dapat diandalkan, salah satunya adalah pasukan yang bernama Ciung Wanara. Pasukan Ciung Wanara mendapatkan tugas dari I Gusti Ngurah Rai untuk melucuti persenjataan polisi NICA di wilayah Tabanan. Tindakan tersebut menyebabkan Belanda marah dan akhirnya mengirimkan pasukan yang lebih besar untuk melawan I Gusti Ngurah Rai yang nantinya menyebabkan pertempuran yang dikenal dengan Puputan Margarana. space

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

1

Roboguru

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh Kabinet Natsir adalah ....

Pembahasan Soal:

Kabinet Natsir merupakan kabinet pertama yang dibentuk setelah pembubaran negara Republik Indonesia Serikat, dan kembali menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada masa Kabinet Natsir timbul berbagai masalah keamanan dalam negeri, pergolakan hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti Pemberontakan DI/TII, Pemberontakan Andi Azis, Pemberontakan APRA, dan Pemberontakan RMS.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Hasil perundingan yang menyepakati bahwa Belanda harus mengembalikan ibu kota negara Indonesia ke Yogyakarta dan juga mengembalikan para tawanan politik Indonesia adalah salah satu isi kesepakatan yan...

Pembahasan Soal:

Setelah Belanda melakukan Agresi Militer II, ibu kota Indonesia di Yogyakarta harus jatuh ke tangan Belanda. Selain itu, para pejabat politik Indonesia turut ikut ditahan dan dibuang ke beberapa daerah. Hal yang dilakukan Belanda tersebut ternyata mendapat kecaman dari dunia internasional, PBB terus menekan Belanda agar kembali membuka perundingan dengan Indonesia. Melalui perantara UNCI akhirnya terjadilah perundingan yang dikenal dengan Perundingan Roem-Royen. Dalam perundingan ini, salah satu pembahasannya adalah Belanda harus mengembalikan ibu kota Indonesia kembali ke Yogyakarta dan juga melepas sekaligus mengembalikan para tawanan politik Indonesia yang ditahan oleh Belanda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved