Roboguru

Tujuan bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan ke dunia Timur tidak hanya untuk mencari jalur perdagangan baru dan daerah penghasil rempah-rempah. Perjalanan bangsa-bangsa Eropa juga dilandasi semboyan gold, glory, dan gospel. Mengapa semboyan glory dalam penjelajahan samudra mendorong terjadinya kolonialisme?

Pertanyaan

Tujuan bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan ke dunia Timur tidak hanya untuk mencari jalur perdagangan baru dan daerah penghasil rempah-rempah. Perjalanan bangsa-bangsa Eropa juga dilandasi semboyan gold, glory, dan gospel. Mengapa semboyan glory dalam penjelajahan samudra mendorong terjadinya kolonialisme?undefined

  1. (...)

  2. (...)

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Semboyan gold, glory, dan gospel mendorong bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudra. Gold berarti emas yang menggambarkan kekayaan. Semboyan gold mendorong munculnya merkantilisme di Eropa. Merkantilisme merupakan paham yang menganggap kejayaan negara diukur dari banyaknya emas yang dimiliki sebagai hasil keuntungan berdagang. Oleh karena itu, bangsa-bangsa Eropa berlomba-lomba menemukan dunia Timur untuk mendapatkan kekayaan.

Setelah mendapatkan kekayaan, tujuan selanjutnya adalah mendapatkan kejayaan, kemasyuran, dan kemenangan. Tujuan tersebut tersirat dalam semboyan glory. Dalam perkembanganya, glory melahirkan imperialisme kuno. Berdasarkan imperialisme kuno, kejayaan suatu negara dilihat dari banyaknya wilayah koloni dan jalur perdagangan yang dikuasai. Kondisi ini menyebabkan bangsa-bangsa Eropa saling mengalahkan untuk menjadi bangsa terkuat dan memiliki daerah kekuasaan yang luas.

Penjajahan bangsa-bangsa Eropa ke dunia Timur juga membawa misi suci dari gereja yaitu nienyebarkan ajaran Injil (gospel). Oleh karena itu, dalam setiap perjalanan bangsa-bangsa Eropa selalu diikuti para misionaris.

Dengan demikian semboyan glory dalam penjelajahan samudera mendorong terjadinya kolonialisme karena semboyan glory yang berarti kejayaan suatu negara dinilai dari banyaknya wilayah koloni dan jalur perdagangan yang dikuasai, sehingga mendorong bangsa Eropa untuk melakukan kolonialisme dan imperialisme.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved