Roboguru

Trayek pH indikator klorofenol merah adalah 4,8-6,4 dengan warna kuning-merah. Bagaimana warna indikator tersebut bila diteteskan pada larutan: NaOH 0,01 M

Pertanyaan

Trayek pH indikator klorofenol merah adalah 4,8-6,4 dengan warna kuning-merah. Bagaimana warna indikator tersebut bila diteteskan pada larutan:

NaOH 0,01 Mspace 

Pembahasan Soal:

Indikator asam basa adalah zat yang warnanya bergantung pada pH larutan atau zat yang dapat menunjukkan sifat asam, basa, dan netral pada suatu larutan.
Indikator klorofenol merah mempunyai rentang pH dari 4,8 sampai 6,4 dengan rentang perubahan warna dari kuning sampai merah. Hal ini berarti, klorofenol merah dalam larutan dengan pH < 4,8 akan menghasilkan larutan berwarna kuning, sedangkan dalam larutan dengan pH > 6,4 akan menghasilkan larutan berwarna merah.

NaOH merupakan suatu basa kuat yang di dalam air (dalam bentuk larutannya) akan terionisasi sempurna sesuai dengan persamaan reaksi berikut.

begin mathsize 14px style Na O H left parenthesis italic a italic q right parenthesis yields Na to the power of plus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus O H to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis space end style 

Suatu larutan basa akan memiliki nilai pH di atas 7 (pH > 7). Oleh karena itu pH larutan NaOH 0,01 M akan berada di atas 7. Hal ini berarti, apabila ke dalam larutan NaOH ini diteteskan indikator klorofenol merah maka akan dihasilkan larutan berwarna merah (pH larutan > 6,4).


Dengan demikian, larutan NaOH 0,01 M apabila diteteskan indikator klorofenol merah akan menghasilkan warna merah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved