Roboguru

Tokoh penggagas Dwi Fungsi ABRI adalah ...

Pertanyaan

Tokoh penggagas Dwi Fungsi ABRI adalah ... space

  1. Soeharto space

  2. Rurlini space

  3. Wiranto space

  4. Jendral Sudirman space

  5. A. H. Nasution space

Pembahasan Soal:

Dwi Fungsi ABRI adalah  sebuah konsep yang dicetuskan oleh A.H. Nasution. Dwi Fungsi ABRI menyatakan bahwa tentara atau militer dapat dimungkinkan untuk terjun ke ranah politik sipil. Menurut Nasution, Dwi Fungsi ABRI yang sebenarnya adalah tentara atau militer boleh berpendapat mengenai rencana stabilitasi politik dan militer sebagai perorangan, bukan sebagai organisasi militer. Konsep ini ia kenalkan sebagai konsep “Jalan Tengah”. Namun, apa yang terjadi pada masa Orde Baru adalah ABRI diperbolehkan untuk berkuasa atas sipil serta menduduki berbagai jabatan strategis di lingkungan pemerintahan seperti bupati, gubernur, hingga menteri. Hal ini dianggap menyimpang terhadap konsep yang diajukan oleh A.H. Nasution.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab krisis moneter di dunia adalah...

Pembahasan Soal:

Penyebab krisis moneter di dunia tidak lepas dari peran investor dan kacaunya dolar Amerika. kKrisis ini berawal dari Thailand dibebani utang luar negeri yang besar, memutuskan untuk mengembangkan mata uang baht setelah serangan yang dilakukan para spekulan mata uang terhadap cadangan devisa negaranya. Segala upaya dilakukan untuk memperbaiki keadaan, tapi sia-sia dan menimbulkan efek penularan ke negara-negara Asia lainnya karena investor asing yang telah menanamkan uang mereka di 'Asian Economic Miracle countries' (Ekonomi-Ekonomi Asia yang Ajaib) sejak satu dekade sebelum 1997 kehilangan kepercayaan di pasar Asia dan membuang mata-mata uang dan aset-aset Asia secepat mungkin.

Berdasarkan pernjelasan tersebut, jawabannya adalah hilangnya kepercayaan investor terhadap mata uang dan aset negara-negara di Asia.

0

Roboguru

Pada 1948 terjadi pemberontakan PKI di Madiun. Pemberontakan ini berkaitan erat dengan kebijakan Rekonstruksi dan Rasional­isasi Angkatan Perang (RERA). Bukti yang menunjukkan keterkaitan tersebut ada...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PKI di Madiun pada 1948 berkembang setelah Mohammad Hatta mengelurkan Maklumat pemerintah Indonesia untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mendirikan partai politik. Kesempatan ini dimafaatkan oleh kelompok kiri (sosialis-komunis) untuk kembali menghidupkan PKI. Pada 7 November 1945 PKI kembali menunjukan eksintensi di bawah pimpinan Moh. Jusuf. Tokoh PKI yang cukup berpengaruh salah satunya adalah Muso. Muso merupakan salah satu tokoh yang melatarbelakangi pemberontakan PKI di Madiun. Muso menyatukan kelompok tentara  yang tersingkir melalui kebijakan Rekontruksi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (RERA) yang diterapkan Kabinet Hatta. Para anggota tersebut dijadikan sayap bersenjata oleh PKI.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space space

0

Roboguru

Upaya perbaikan pemerintah dalam menata sistem perekonomian pada masa Orde Baru dengan berbagai hal. Di bawah ini adalah salah satu ide pokok tentang rehabilitasi ekonomi Orde Baru yaitu ....

Pembahasan Soal:

Upaya rehabilitasi serta pembangunan ekonomi menjadi fokus utama pemerintahan orde baru. Hal tersebut selanjutnya dilakukan dengan berbagai upaya, seperti menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dengan berimbang sesuai kebutuhan, mengajukan program peminjaman internasional kepada negara-negara Barat, membentuk Inter Governmental Group on Indonesia (IGGI), dan menciptakan UU Penanaman Modal Asing (UU PMA) dan UU Penanaman Modal Dalam Negeri (UU PMDN). 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Peran Dwi Fungsi ABRI memiliki peran ganda dalam...

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, Presiden Suharto mencetuskan dan melaksanakan konsep Dwifungsi. Hal tersebut didasarkan kepada pemikiran bahwa pemerintah perlu memberikan peran ganda keapda ABRI untuk menciptakan stabilitas poitik. Peran ganda yang dimaksud adalah peran dalam bidang pertahanan keamanan dan sosial-politik-ekonomi. Peran ganda ini kemudian mendapat istilah yang lebih popular yaitu Dwifungsi ABRI. Anggota ABRI juga mendapat jatah kursi, baik di MPR maupun di DPR. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa ABRI merupakan dinamisator dan stabilisator. Artinya, sebagai dinamisator, militer berperan sangat aktif sejak perang kemerdekaan. Sedangkan arti peran stabilisator yang telah dilakukan ABRI, yaitu upaya mencegah perpecahan bangsa.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Para pengamat politik menganggap pelaksanaan demokrasi pada masa Orde Baru mengalami kegagalan. Satu-satunya ciri demokrasi yang berhasil dilaksanakan pemerintah Orde Baru yaitu...

Pembahasan Soal:

Orde Baru adalah sebutan bagi pemerintah yang berkuasa di Indonesia sejak tahun 1966 sampai dengan 1998. Dalam kurun waktu kurang lebih 32 tahun, banyak pengamat politik yang menilai bahwa pelaksanaan demokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru mengalami kegagalan, terlebih dengan adanya represi pers sehingga tidak ada kebebasan berpendapat dan berekspresi. Hanya terdapat satu ciri demokrasi yang berhasil dilakukan oleh pemerintah pada masa ini, yaitu pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang berkesinambungan. Pemilu pada masa Orde Baru dilaksanakan selama enam kali, yaitu tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved