Pertanyaan

Tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah . . . .

Tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah . . . .space space 

A. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah ascon .

tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah ascon.space space 

Pembahasan

Filum Porifera disebut juga hewan spons atau hewan berpori . Tubuh Porifera dihubungkan oleh saluran-saluran air. Aliran air tubuh porifera terbagi menjadi empat macam yaitu : Ascon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam). Sycon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rangga yang berhubungan langsung dengan spongosol. Leucon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubungan langsung dengan spongosol. Rhagon: Tubuh berbentuk kerucut dengan oskulum yang terletak di puncak. Spongosol dibatasi oleh ruang oval, yang terbuka lebar oleh apopil. Antara epidermis dan bilik-bilik terletak mesenkim yang menebal yang dilalui oleh kanal-kanal dan ruang-ruang subdermal. Dengan demikian, tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah ascon .

Filum Porifera disebut juga hewan spons atau hewan berpori. Tubuh Porifera dihubungkan oleh saluran-saluran air. Aliran air tubuh porifera terbagi menjadi empat macam yaitu :

  1. Ascon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke spongosol (rongga dalam).
  2. Sycon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga-rangga yang berhubungan langsung dengan spongosol.
  3. Leucon : merupakan tipe saluran air dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran yang bercabang-cabang ke rongga yang sudah tidak berhubungan langsung dengan spongosol.
  4. Rhagon: Tubuh berbentuk kerucut dengan oskulum yang terletak di puncak. Spongosol dibatasi oleh ruang oval, yang terbuka lebar oleh apopil. Antara epidermis dan bilik-bilik terletak mesenkim yang menebal yang dilalui oleh kanal-kanal dan ruang-ruang subdermal.

Dengan demikian, tipe saluran porifera dimana lubang-lubang ostiumnya dihubungkan dengan saluran lurus yang langsung menuju ke rongga dalam (spongosol) adalah ascon.space space 

324

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada filum Porifera, air yang mengandung bahan makanan masuk melalui....

6rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia