Pertanyaan

Jelaskan struktur lapisan tubuh porifera!

Jelaskan struktur lapisan tubuh porifera!space space 

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Tubuh porifera memilikidua lapisan sel yaitu ektodermis dan endodermis (diploblastik). Di antara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan antara yang disebut mesoglea. Lapisan ektodermis tersusun atas sel pinakosit dan lapisan endodermis tersusun atas koanosit. Sel pinakosit Sel pinakosit terletak di lapisan terluar dari tubuh porifer pada umumnya yang berfungsi dalam hal proteksi tubuh, sel pinakosit berbentuk pipih dan padat atau rapat hubungannya satu sama lain. Sel pinakosit juga bersifat elastis. Di antara sel ini dapat ditemukan pori-pori yang disebut sebagi ostium, yang akan bermuara pada spongocoel. Mesohil atau mesoglea Merupakan lapisan antara pinakosit dengan koanosit. Mesogleaberbahan dasar gelatin tersusun atas sel yang dapat bergerak atau disebut juga dengan sel amoebosit. Sel ini bersifat multifungsi diantaranya berperan sebagai alat reproduksi, alat ekskresi, serta alat peredaran nutrisi makanan. Sel koanosit Sel koanosit terletak paling dalam dan ia mengitari rongga spongocoel. Sel koanosit disebut pula sel leher karena bentuknya yang lonjong. Di sekitar sel koanosit terdapat juluran sitoplasma yang berlapis lendir.Sel koanosit berperan dalam proses pencernaan intraseluler.

Tubuh porifera memiliki dua lapisan sel yaitu ektodermis dan endodermis (diploblastik). Di antara kedua lapisan tersebut terdapat lapisan antara yang disebut mesoglea. Lapisan ektodermis tersusun atas sel pinakosit dan lapisan endodermis tersusun atas koanosit.

  • Sel pinakosit
    Sel pinakosit terletak di lapisan terluar dari tubuh porifer pada umumnya yang berfungsi dalam hal proteksi tubuh, sel pinakosit berbentuk pipih dan padat atau rapat hubungannya satu sama lain. Sel pinakosit juga bersifat elastis. Di antara sel ini dapat ditemukan pori-pori yang disebut sebagi ostium, yang akan bermuara pada spongocoel.
  • Mesohil atau mesoglea
    Merupakan lapisan antara pinakosit dengan koanosit.  Mesoglea berbahan dasar gelatin tersusun atas sel yang dapat bergerak atau disebut juga dengan sel amoebosit. Sel ini bersifat multifungsi diantaranya berperan sebagai alat reproduksi, alat ekskresi, serta alat peredaran nutrisi makanan.
  • Sel koanosit
    Sel koanosit terletak paling dalam dan ia mengitari rongga spongocoel. Sel koanosit disebut pula sel leher karena bentuknya yang lonjong. Di sekitar sel koanosit terdapat juluran sitoplasma yang berlapis lendir. Sel koanosit berperan dalam proses pencernaan intraseluler.space

3rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Lapisan di antara epidermis dan endodermis pada porifera mengandung ....

249

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia