Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tindakan strategis untuk mencegah kebakaran hutan di Pulau Sumatera dapat diilakukan dengan revisi rencana tata ruang. SEBAB Rencana tata ruang dapat mengatur zona fuel breaks dan zona fire breaks di suatu daerah.

Tindakan strategis untuk mencegah kebakaran hutan di Pulau Sumatera dapat diilakukan dengan revisi rencana tata ruang.

SEBAB

Rencana tata ruang dapat mengatur zona fuel breaks dan zona fire breaks di suatu daerah.

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

  3. Jika pernyataan benar tetapi alasan salah

  4. Jika pernyataan salah tetapi alasan benar

  5. Jika pernyataan dan alasan, keduanya salah

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Penataan ruang yang baik tentunya memerlukan rencana tata ruang yang baik pula. Untuk dapat mewujudkan kualitas ruang berkelanjutan yang sesuai dengan rencana tata ruang, diperlukan instrumenpengendalian yang mencakup seluruh aspek penataan ruang. Hal ini juga perlu diterapkan untuk kawasan yang sering mengalami bencana, seperti halnya wilayah Sumatra bagian timur yang sering mengalami kebakaran hutan. Salah satu tindakan strategis untuk mencegah kebakaran hutan dapat dilakukan dengan revisi rencana tata ruang. Revisi tata ruang diperlukan untuk menyesuaikan berbagai kebijakan tata ruang sesuai dengan kondisi yang terbaru di lapangan . Penataan tata ruang juga mengatur peraturan zonasi wilayah, di mana peraturan zonasi ini mengatur tentang klasifikasi zona, pengaturan lebih lanjut mengenai pemanfaatan lahan, dan prosedur pelaksanaan pembangunan. Suatu zona mempunyai aturan yang seragam (guna lahan, intensitas, dan massa bangunan), namun satu zona dengan zona lainnya bisa berbeda ukuran dan aturan. Zona fuel breaks adalah zona tempat keberadaan vegetasi penutup yang disusun sedemikian rupa untuk mengurangi risiko penyebaran api pada saat terjadi kebakran hutan. Zona fire breaks adalah zona celah dalam hutan yang bertindak sebagai penghalang untuk memperlambat atau menghentikan kebakaran hutan. Zona-zona ini dapat diatur dalam rencana tata ruang yang dibuat . Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Penataan ruang yang baik tentunya memerlukan rencana tata ruang yang baik pula. Untuk dapat mewujudkan kualitas ruang berkelanjutan yang sesuai dengan rencana tata ruang, diperlukan instrumen pengendalian yang mencakup seluruh aspek penataan ruang. Hal ini juga perlu diterapkan untuk kawasan yang sering mengalami bencana, seperti halnya wilayah Sumatra bagian timur yang sering mengalami kebakaran hutan. Salah satu tindakan strategis untuk mencegah kebakaran hutan dapat dilakukan dengan revisi rencana tata ruang. Revisi tata ruang diperlukan untuk menyesuaikan berbagai kebijakan tata ruang sesuai dengan kondisi yang terbaru di lapangan. Penataan tata ruang juga mengatur peraturan zonasi wilayah, di mana peraturan zonasi ini mengatur tentang klasifikasi zona, pengaturan lebih lanjut mengenai pemanfaatan lahan, dan prosedur pelaksanaan pembangunan. Suatu zona mempunyai aturan yang seragam (guna lahan, intensitas, dan massa bangunan), namun satu zona dengan zona lainnya bisa berbeda ukuran dan aturan. Zona fuel breaks adalah zona tempat keberadaan vegetasi penutup yang disusun sedemikian rupa untuk mengurangi risiko penyebaran api pada saat terjadi kebakran hutan. Zona fire breaks adalah zona celah dalam hutan yang bertindak sebagai penghalang untuk memperlambat atau menghentikan kebakaran hutan. Zona-zona ini dapat diatur dalam rencana tata ruang yang dibuat. Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu keterkaitan ruang yang saling melemahkan dalam perencanaan ruang adalah.... (1) kawasan pertanian - industri (2) kawasan pertanian - pertambangan (3) kawasan industri - pariwisata ...

105

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia