Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor geografis yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pembangunan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah .... potensi sumber daya alam kondisi sosial budaya kesatuan akses posisi geografis

Faktor geografis yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pembangunan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah ....

  1. potensi sumber daya alam
  2. kondisi sosial budaya
  3. kesatuan akses
  4. posisi geografis
  1. Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika hanya jawaban (4) benar

  5. Jika semua jawaban benar

Iklan

P. Avivah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space

Iklan

Pembahasan

Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah yang perkembangannya sangat pesat dan menjadi pusat pembangunan yang dapat memengaruhi perkembangan daerah-daerah di sekitarnya. Suatu wilayah dapat menjadi pusat pertumbuhan wilayah, apabila wilayah tersebut mempunyai berbagai aktivitas yang mampu memengaruhi daerah sekitarnya. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan sebuah wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah: Sumber daya alam Sebagai contoh, penambangan bahan tambang yang bernilai ekonomi tinggi di suatu wilayah merangsang kegiatan ekonomi, memberikan kesempatan kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah serta berpengaruh terhadap munculnya kegiatan ekonomi penunjang. Kegiatan penambangan tersebut tentunya disebabkan karena keberadaan potensi suatu sumber daya alam tambang. Akibat ramainya kegiatan yang muncul akibat keberadaan situs pertambangan, suatu wilayah dapat menjadi pusat pertumbuhan yang akhirnya bisa memengaruhi perkembangan wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Sumber daya manusia Tenaga kerja yang ahli, terampil, andal, kapabel, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam. Selain itu, suatu wilayah yang kehidupannya sosial penduduknya maju akan mudah berinteraksi dengan daerah sekitarnya, sehingga akan menunjang wilayah tersebut menjadi pusat pertumbuhan. Jadi, kondisi sosial, budaya, dan ekonomi suatu masyarakat yang tinggal di suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap besar-tidaknya potensi suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan . Letak wilayah Lokasi yang strategis memudahkan transportasi dan angkutan barang, sehingga pusat pertumbuhan berkembang cepat. Sebagai contoh, daerah dataran rendah yang berelief rata memungkinkan pusat pertumbuhan berkembang lebih cepat dibanding daerah pedalaman yang berelief kasar atau berpegunungan. Fasilitas penunjang Pusat pertumbuhan akan lebih berkembang apabila didukung oleh fasilitas penunjang yang memadai. Soal pada nomor ini mempertanyakan faktor geografis yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan. Berdasarkan penjabaran di atas, faktor geografis yang mempengaruhi adalah pernyataan (4). posisi geografis. Pilihan lain bukan merupakan faktor geografis yang menunjang suatu wilayah untuk menjadi pusat pertumbuhan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah yang perkembangannya sangat pesat dan menjadi pusat pembangunan yang dapat memengaruhi perkembangan daerah-daerah di sekitarnya. Suatu wilayah dapat menjadi pusat pertumbuhan wilayah, apabila wilayah tersebut mempunyai berbagai aktivitas yang mampu memengaruhi daerah sekitarnya. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan sebuah wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah:

  • Sumber daya alam

Sebagai contoh, penambangan bahan tambang yang bernilai ekonomi tinggi di suatu wilayah merangsang kegiatan ekonomi, memberikan kesempatan kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah serta berpengaruh terhadap munculnya kegiatan ekonomi penunjang. Kegiatan penambangan tersebut tentunya disebabkan karena keberadaan potensi suatu sumber daya alam tambang. Akibat ramainya kegiatan yang muncul akibat keberadaan situs pertambangan, suatu wilayah dapat menjadi pusat pertumbuhan yang akhirnya bisa memengaruhi perkembangan wilayah-wilayah lain di sekitarnya.

  • Sumber daya manusia

Tenaga kerja yang ahli, terampil, andal, kapabel, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam. Selain itu, suatu wilayah yang kehidupannya sosial penduduknya maju akan mudah berinteraksi dengan daerah sekitarnya, sehingga akan menunjang wilayah tersebut menjadi pusat pertumbuhan. Jadi, kondisi sosial, budaya, dan ekonomi suatu masyarakat yang tinggal di suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap besar-tidaknya potensi suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan.

  • Letak wilayah

Lokasi yang strategis memudahkan transportasi dan angkutan barang, sehingga pusat pertumbuhan berkembang cepat. Sebagai contoh, daerah dataran rendah yang berelief rata memungkinkan pusat pertumbuhan berkembang lebih cepat dibanding daerah pedalaman yang berelief kasar atau berpegunungan.

  • Fasilitas penunjang

Pusat pertumbuhan akan lebih berkembang apabila didukung oleh fasilitas penunjang yang memadai.

Soal pada nomor ini mempertanyakan faktor geografis yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan. Berdasarkan penjabaran di atas, faktor geografis yang mempengaruhi adalah pernyataan (4). posisi geografis. Pilihan lain bukan merupakan faktor geografis yang menunjang suatu wilayah untuk menjadi pusat pertumbuhan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor utama yang harus diperhatikan dalam pembangunan permukiman penduduk adalah ...... (1) sumber air (2) relief (3) jaringan jalan (4) pasar

23

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia