Iklan

Iklan

Pertanyaan

Timun Mas Pada zaman dahulu, hiduplah sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Mereka tinggal di sebuah desa di dekat hutan. Mereka hidup bahagia. Namun, sayangnya, mereka belum dikaruniai anak. Suatu hari Raksasa melewati tempat tinggal mereka. Raksasa itu mendengar doa suami istri tersebut. Raksasa itu ,kemudian memberi mereka biji mentimun yang akan memberikan mereka anak. Tetapi, raksasa memberi 1 syarat yaitu pada usia 17 tahun anak itu/ harus diserahkan kembali. Akhirnya, mereka menerima syarat tersebut. Suami istri petani itu kemudian menanam biji-biji mentimun itu. Setiap hari mereka merawat tanaman yang mulai tumbuh itu dengan sebaik mungkin. Berbulan-bulan kemudian tumbuhlah sebuah mentimun berwarna keemasan. Betapa terkejutnya mereka, di dalam buah itu mereka menemukan bayi perempuan yang sangat cantik. Suami istri itu sangat bahagia. Mereka memberi nama bayi itu Timun Mas. Tahun demi tahun berlalu. Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang cantik. Tetapi kedua orang tuanya takut, karena pada Timun Mas sekarang sudah berumur 17 tahun. Datanglah raksasa itu menangih janji untuk mengambil Timun Mas. Tetapi, kedua orang tua Timun Mas tidak menyerahkannya dan membiarkan Timun Mas untuk kabur pada saat itu. Raksasa segera berlari mengejar Timun Mas. Raksasa semakin dekat. Timun Mas segera mengambil segenggam garam dari kantung kainnya. Lalu garam itu ditaburkan ke arah Raksasa. Tiba-tiba sebuah laut yang luas pun terhampar. Raksasa terpaksa berenang dengan susah payah. Tapi Raksasa sungguh kuat. Maka Timun Mas pun mengeluarkan benda ajaib kedua. Ia menebarkan biji- biji mentimun ajaib. Seketika tumbuhlah kebun mentimun yang sangat luas. Raksasa sangat letih dan kelaparan. Ia pun makan mentimun-mentimun yang segar itu dengan lahap. Karena terlalu banyak makan, Raksasa tertidur. Raksasa terbangun dari tidurnya, kemudian Timun Mas kembali melarikan diri. Timun Mas sangat ketakutan. Ia pun melemparkan segenggam terasi udang. Seketika menjadi sebuah danau lumpur yang luas terhampar. Raksasa terjerembab ke dalamnya. Tangannya hampir menggapai Timun Mas. Tapi danau lumpur itu menariknya ke dasar. Raksasa panik. Ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam. Akhirnya Timun Mas selamat dan raksasa menghilang. Tokoh tambahan dalam cerita tersebut yaitu…

Timun Mas

Pada zaman dahulu, hiduplah sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Mereka tinggal di sebuah desa di dekat hutan. Mereka hidup bahagia. Namun, sayangnya, mereka belum dikaruniai anak.

Suatu hari Raksasa melewati tempat tinggal mereka. Raksasa itu mendengar doa suami istri tersebut. Raksasa itu ,kemudian memberi mereka biji mentimun yang akan memberikan mereka anak. Tetapi, raksasa memberi 1 syarat yaitu pada usia 17 tahun anak itu/ harus diserahkan kembali. Akhirnya, mereka menerima syarat tersebut.

Suami istri petani itu kemudian menanam biji-biji mentimun itu. Setiap hari mereka merawat tanaman yang mulai tumbuh itu dengan sebaik mungkin. Berbulan-bulan kemudian tumbuhlah sebuah mentimun berwarna keemasan. Betapa terkejutnya mereka, di dalam buah itu mereka menemukan bayi perempuan yang sangat cantik. Suami istri itu sangat bahagia. Mereka memberi nama bayi itu Timun Mas.

Tahun demi tahun berlalu. Timun Mas tumbuh menjadi gadis yang cantik. Tetapi kedua orang tuanya takut, karena pada Timun Mas sekarang sudah berumur 17 tahun. Datanglah raksasa itu menangih janji untuk mengambil Timun Mas. Tetapi, kedua orang tua Timun Mas tidak menyerahkannya dan membiarkan Timun Mas untuk kabur pada saat itu.

Raksasa segera berlari mengejar Timun Mas. Raksasa semakin dekat. Timun Mas segera mengambil segenggam garam dari kantung kainnya. Lalu garam itu ditaburkan ke arah Raksasa. Tiba-tiba sebuah laut yang luas pun terhampar. Raksasa terpaksa berenang dengan susah payah.

Tapi Raksasa sungguh kuat. Maka Timun Mas pun mengeluarkan benda ajaib kedua. Ia menebarkan biji- biji mentimun ajaib. Seketika tumbuhlah kebun mentimun yang sangat luas. Raksasa sangat letih dan kelaparan. Ia pun makan mentimun-mentimun yang segar itu dengan lahap. Karena terlalu banyak makan, Raksasa tertidur.

Raksasa terbangun dari tidurnya, kemudian Timun Mas kembali melarikan diri. Timun Mas sangat ketakutan. Ia pun melemparkan segenggam terasi udang. Seketika menjadi sebuah danau lumpur yang luas terhampar. Raksasa terjerembab ke dalamnya. Tangannya hampir menggapai Timun Mas. Tapi danau lumpur itu menariknya ke dasar. Raksasa panik. Ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam. Akhirnya Timun Mas selamat dan raksasa menghilang.

 

Tokoh tambahan dalam cerita tersebut yaitu…

  1. Timun Mas dan orang tuanya
     

  2. Timun Mas dan Raksasa

  3. Suami dan Istri

     

  4. Raksasa dan suami istri

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tokoh tambahan merupakan tokoh yang hanya muncul beberapa kali di salam sebuah cerita. Tokoh suami dan istri yang merupakan orang tua dari Timun Mas merupakn tokoh yang kemunculannya hanya ada di awal cerita saja, jadi kedua tokoh tersebut disebut sebagai tokoh tambahan.

Tokoh tambahan merupakan tokoh yang hanya muncul beberapa kali di salam sebuah cerita. Tokoh suami dan istri yang merupakan orang tua dari Timun Mas merupakn tokoh yang kemunculannya hanya ada di awal cerita saja, jadi kedua tokoh tersebut disebut sebagai tokoh tambahan.

Latihan Bab

Tema 8 Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 3: Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

261

songlirik

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pasukan jin dalam cerita “Roro Jonggrang” merupakan tokoh….

133

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia