Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan teks berikut ini. Bandung Bondowoso menyanggupi persyaratan Roro Jonggrang dengan angkuh. Ia punmeminta bantuan pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulaitampak. Roro Jonggrang panik, dia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya. Bi Sumi mempunyai ide untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan membakar jerami. Suara lesung bertalu-talu dan semburat api yang memerah di langit membuat suasana sepertipagi hari. Ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin terkejut. ”Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil bergegas meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun. Tokoh tambahan pada teks di atas yaitu ….

Perhatikan teks berikut ini.

 

Bandung Bondowoso menyanggupi persyaratan Roro Jonggrang dengan angkuh. Ia punmeminta bantuan pasukan jin untuk membangun seribu candi. Dalam sekejap, bangunan candi mulaitampak. Roro Jonggrang panik, dia mengadu kepada Bi Sumi, dayang kepercayaannya. Bi Sumi mempunyai ide untuk menggagalkan pekerjaan Bandung Bondowoso. Dia segera memerintahkan para dayang untuk menumbuk lesung dan membakar jerami.

Suara lesung bertalu-talu dan semburat api yang memerah di langit membuat suasana sepertipagi hari. Ayam-ayam jantan berkokok bersahut-sahutan. Mendengar kokok ayam jantan, pasukan jin terkejut. ”Hari sudah pagi, kami harus pergi.” Teriak pasukan jin sambil bergegas meninggalkan Bandung Bondowoso dan candi-candi yang telah mereka bangun.

Tokoh tambahan pada teks di atas yaitu ….

  1. Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang
     

  2. Bi Sumi dan pasukan jin

  3. Dayang-dayang

     

  4. Bi Sumi

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tokoh tambahan merupakan tokoh yang dimunculkan hanya sekali atau beberapa kali saja dalam cerita. Tokoh tambahan dalam teks tersebut menampilkan Bi Sumi dan pasukan jin yang hanya muncul sekali dalam teks tersebut.

Tokoh tambahan merupakan tokoh yang dimunculkan hanya sekali atau beberapa kali saja dalam cerita. Tokoh tambahan dalam teks tersebut menampilkan Bi Sumi dan pasukan jin yang hanya muncul sekali dalam teks tersebut.

Latihan Bab

Tema 8 Subtema 1: Lingkungan Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 2: Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Tema 8 Subtema 3: Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

47

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut ini untuk soal nomor 1-2. Dahulu kala, hidup seorang janda tua yang miskin di sebuah desa kecil. Dia tinggal bersama putrinya yang sangat cantik, tetapi sangat malas dan ...

86

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia