Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tetapan kesetimbangan reaksi 2 BaO 2 ​ ( s ) ⇌ 2 BaO ( s ) + O 2 ​ ( g ) adalah ...

Tetapan kesetimbangan reaksi  adalah ...space

  1.   

  2.   

  3.   

  4.   

  5.   

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah opsi E. Suatu reaksi dikatakan mengalami setimbang jika tidak ada reaktan yang bereaksi lagi atau tidak ada produk yang terbentuk. Dengan kata lain pada saat setimbang laju reaksi reaktan dan produknya akan tetap sama tidak mengalami perubahan. Dalam suatu zat dalam reaksi kimia dikenal dengan padatan atau solid, cairan atau liquid,larutan yang disebut dengan aqueousdan gas. Untuk menentukan harga tetapan kesetimbangan seperti yang diminta pada soal maka carilah terlebih dahulu zat yang fasanya aqueous atau gas (jika diminta menentukan harga K p ​ cari yang fasanya gas saja). Fasa solid dan liquid akan bernilai 1 (jika diminta menentukan harga K p ​ fasa aqueous juga 1). Rumus untuk menentukan harga tetapankesetimbangan yaitu dengan perbandingan zat di produk pangkat koefisiennya terhadap zat di reaktan pangkat koefisiennya. K = [ BaO 2 ​ ] 2 [ BaO ] 2 [ O 2 ​ ] ​ K = [ 1 ] 2 [ 1 ] 2 [ O 2 ​ ] ​ K = [ O 2 ​ ] Zat BaO dan BaO 2 ​ merupakan fasa solid sehingga akan keaktifan kesetimbangannya akan bernilai 1.

Jawaban yang paling tepat adalah opsi E. 


Suatu reaksi dikatakan mengalami setimbang jika tidak ada reaktan yang bereaksi lagi atau tidak ada produk yang terbentuk. Dengan kata lain pada saat setimbang laju reaksi reaktan dan produknya akan tetap sama tidak mengalami perubahan. Dalam suatu zat dalam reaksi kimia dikenal dengan padatan atau solid, cairan atau liquid, larutan yang disebut dengan aqueous dan gas. Untuk menentukan harga tetapan kesetimbangan seperti yang diminta pada soal maka carilah terlebih dahulu zat yang fasanya aqueous atau gas (jika diminta menentukan harga  cari yang fasanya gas saja). Fasa solid dan liquid akan bernilai 1 (jika diminta menentukan harga  fasa aqueous juga 1). Rumus untuk menentukan harga tetapan kesetimbangan yaitu dengan perbandingan zat di produk pangkat koefisiennya terhadap zat di reaktan pangkat koefisiennya.



Zat   merupakan fasa solid sehingga akan keaktifan kesetimbangannya akan bernilai 1.  

Latihan Bab

Pendahuluan Kesetimbangan Kimia

Konsep Kesetimbangan Kimia

Konstanta Kesetimbangan (K)

Konstanta Kesetimbangan Konsentrasi (Kc)

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada suhu tertentu, tetapan kesetimbangan untuk reaksi kesetimbangan: 2 A ( g ) + B ( g ) ⇌ C ( g ) + D ( g ) adalah 4. Pada suhu tetap, volume diubah menjadi setengah kali volume asal sehingga ...

4rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia