Roboguru

Termasuk ke dalam jenis buku apakah kedua teks di atas? Tuliskan beserta alasannya (minimal tiga alasan)!

Pertanyaan

Bacalah kutipan buku berikut dengan seksama!


Teks 1

Roro Jonggrang, Legenda Danau Toba, Andhe-Andhe Lumut merupakan beberapa contoh warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa cerita rakyat. Cerita tersebut diturunkan melalui lisan. Pewarisan tersebut dilakukan oleh pemilik asli dari kebudayaan tempat cerita tersebut berasal. Purwadi (2009: 2) mengatakan bahwa cerita rakyat berbentuk anonim dilestarikan oleh masyarakat pendukung dengan sukarela, dan tidak ada yang berhak untuk memonopoli kepemilikan cerita tersebut. Dengan demikian, cerita rakyat dapat dipastikan tidak diketahui penutur utamanya karena telah banyak yang diwariskan.


Teks 2

Di mataku, ia tampak seperti pemberontak Germania yang takluk diperangi tentara Praetorian dalam film-film klasik Romawi. Ia terluka. Sabetan machete melintang di bawah ketiaknya. Luka yang dalam dan panjang membuatnya tak dapat menegakkan tubuh dengan sempurna. Jika ia mengangkat wajah, menyorot dua bola mata yang keruh. Alisnya serupa bulan sabit, tatapannya ingin menelan. Kedua mata itu berbicara lebih lancang dari mulutnya, namun menyimpan rahasia yang dalam, seperti ada cinta yang juga terluka, hidup yang tersia-sia, dan dendam yang membara.undefined 

Termasuk ke dalam jenis buku apakah kedua teks di atas? Tuliskan beserta alasannya (minimal tiga alasan)!undefined 

Pembahasan:

Teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi. Teks nonfiksi adalah teks yang dibuat berdasarkan kenyataan yang ada, merupakan realita tanpa mengada-ada, atau teks yang berisikan hal yang benar terjadi dalam kehidupan. Teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi karena merupakan tulisan ilmiah populer berupa artikel, bahasa yang digunakan bersifat denotatif dan tidak bermakna ganda, serta yang dituliskan berdasarkan data dan fakta. Berdasarkan kutipan berikut:

Roro Jonggrang, Legenda Danau Toba, Andhe-Andhe Lumut merupakan beberapa contoh warisan nenek moyang bangsa Indonesia berupa cerita rakyat.

Teks 1 bahkan menyertakan kutipan dari ahli, yaitu:

Purwadi (2009: 2) mengatakan bahwa cerita rakyat berbentuk anonim dilestarikan oleh masyarakat pendukung dengan sukarela, dan tidak ada yang berhak untuk memonopoli kepemilikan cerita tersebut.

Teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi. Teks cerita fiksi adalah teks yang berisi cerita rekaan (bukan dari kejadian nyata), atau cerita yang berdasarkan fantasi penulisnya. Teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi karena bersifat rekaan, bahasa yang digunakan bersifat konotatif, dan menghibur pembacanya. Berdasarkan kutipan berikut:

Jika ia mengangkat wajah, menyorot dua bola mata yang keruh. Alisnya serupa bulan sabit, tatapannya ingin menelan. Kedua mata itu berbicara lebih lancang dari mulutnya, namun menyimpan rahasia yang dalam, seperti ada cinta yang juga terluka, hidup yang tersia-sia, dan dendam yang membara.

Oleh karena itu, teks 1 termasuk dalam jenis buku nonfiksi dan teks 2 termasuk dalam jenis buku fiksi. 


Dengan demikian, teks 1 merupakan kutipan dari buku nonfiksi sedangkan teks 2 merupakan kutipan dari buku fiksi.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

L. Mushoffa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 26 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut!        Buku God, Do You Speak English? menceritakan mengenai para penulis yang mengunjungi berbagai tempat menarik. Ketiga penulis ini merupakan anggota sukarelawan dari sebu...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved