Roboguru
SD

Terdapat tiga zat, yaitu senyawa ion X, senyawa kovalen polar Y, dan senyawa kovalen nonpolar Z. Mengapa senyawa X dan Y dapat larut dalam air, sedangkan Z tidak? Apakah pelarutan X dapat menghasilkan ion-ion bebas? Jelaskan. Apakah pelarutan Y selalu dapat membentuk ion-ion bebas? Kondisi apa yang diperlukan agar suatu senyawa kovalen polar yang larut dalam air dapat membentuk ion bebas?

Pertanyaan

Terdapat tiga zat, yaitu senyawa ion X, senyawa kovalen polar Y, dan senyawa kovalen nonpolar Z.

  1. Mengapa senyawa X dan Y dapat larut dalam air, sedangkan Z tidak?
  2. Apakah pelarutan X dapat menghasilkan ion-ion bebas? Jelaskan.
  3. Apakah pelarutan Y selalu dapat membentuk ion-ion bebas? Kondisi apa yang diperlukan agar suatu senyawa kovalen polar yang larut dalam air dapat membentuk ion bebas?space space space

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Senyawa X dan Y dapat larut dalam air karena bersifat polar seperti air; senyawa ion X akan terionisasi dalam larutannya menghasilkan ion-ion bebas; sementara tidak semua senyawa kovalen polar Y terionisasi dalam larutannya, hal ini bergantung pada kekuatan gaya tarik-menarik antara molekul air dengan molekul kovalen polar.

  1. Air merupakan senyawa polar, berdasarkan prinsip kelarutan like dissolve like, senyawa yang dapat larut dalam air adalah senyawa polar. Senyawa X dan Y bersifat polar, sedangkan senyawa Z bersifat nonpolar, maka senyawa X dan Y dapat larut dalam air, tapi tidak dengan senyawa Z.
     
  2. Senyawa ionik dalam larutannya akan terionisasi menghasilkan ion bermuatan positif (kation) dan ion bermuatan negatif (anion). ion-ion ini bergerak bebas dalam larutannya.
     
  3. Berbeda dengan senyawa ionik, tidak semua senyawa kovalen polar dapat terionisasi dalam larutannya. Agar senyawa kovalen polar dapat terionisasi, diperlukan gaya tarik-menarik yang kuat antara molekul air dengan molekul kovalen polar. Jika gaya tarik-menarik antara molekul air dan zat cukup kuat, partikel-partikel zat dapat terurai membentuk ion-ion bebas, peristiwa ini disebut hidrolisis.space space space space

469

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah data fisik dua buah senyawa tak dikenal.     Jenis ikatan yang membentuk senyawa 1 dan senyawa 2 berturut-turut adalah ....  (UN 2009)

798

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia