Roboguru
SD

Terangkan pembentukan ion ammonium melalui pembentukan ikatan datif antara ion hidrogen (H+) dengan atom nitrogen di dalam ammonia (NH3​)!

Pertanyaan

Terangkan pembentukan ion ammonium melalui pembentukan ikatan datif antara ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses dengan atom nitrogen di dalam ammonia open parentheses N H subscript 3 close parentheses!space

D. Hidayat

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 ion ammonium terbentuk melalui pembentukan ikatan datif antara ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses dengan atom nitrogen di dalam ammonia open parentheses N H subscript 3 close parentheses.

Pembahasan

Ikatan datif atau ikatan kovalen kooordinasi merupakan ikatan kovalen yang terbentuk di mana pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari dari salah satu atom yang berikatan.

N H subscript 3 merupakan senyawa kovalen polar di mana atom N memiliki 1 pasang elektron bebas. Struktur kekule dari N H subscript 3 sebagai berikut:
 


 

Pada ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses tidak memiliki elektron karena unsur H melepaskan 1 elektron.

Oleh karena itu, pasangan elektron bebas yang dimiliki atom N pada senyawa N H subscript 3 didonorkan kepada ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses supaya ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses mencapai aturan duplet. Ikatan yang terjadi antara atom N dengan ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses adalah ikatan datif atau ikatan kovalen koordinasi.space

Struktur  dari ion ammonium sebagai berikut:
 

 
 

Jadi, ion ammonium terbentuk melalui pembentukan ikatan datif antara ion hidrogen open parentheses H to the power of plus sign close parentheses dengan atom nitrogen di dalam ammonia open parentheses N H subscript 3 close parentheses.

102

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gambarkan struktur lewis untuk senyawa HNO2​, HNO3​ dan H2​SO4​ kemudian tentukan jenis ikatannya. Manakah yang memiliki ikatan kovalen koordinasi?

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia