Roboguru

Terangkan bahwa pemerintah RIS menempuh dua cara untuk menumpas pemberontakan APRA di Bandung!

Pertanyaan

Terangkan bahwa pemerintah RIS menempuh dua cara untuk menumpas pemberontakan APRA di Bandung!

Pembahasan Soal:

Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) adalah kelompok milisi pro-Belanda yang muncul di era Revolusi Nasional. APRA dibentuk dan dipimpin oleh mantan kapten KNIL (Koninklijk Nederlands Indisch Leger) atau Tentara Hindia Belanda Raymond Westerling Westerling mempertahankan bentuk negara federal karena menolak Republik Indonesia Serikat (RIS) yang terlalu Jawa-sentris di bawah Soekarno dan Hatta. 

Pada 5 Januari 1950, Westerling sudah mengirimkan surat ultimatum kepada RIS yang berisi tuntutan agar RIS menghargai negara-negara bagian, terutama Pasundan.  Bahkan pemerintah RIS juga diminta untuk mengakui APRA sebagai tentara Pasundan.  Surat ultimatum ini tidak hanya meresahkan RIS saja, tetapi juga beberapa pihak Belanda. Guna mencegah tindakan Westerling, Moh. Hatta mengeluarkan perintah untuk melakukan penangkapan terhadap Westerling. 

Jenderal Vreeden pun bersama Menteri Pertahanan Belanda yang merasa resah dengan ultimatum ini kemudian menyusun rencana untuk mengevakuasi pasukan RST tersebut. Namun, upaya mengevakuasi RST, gabungan baret merah dan baret hijau sudah terlambat untuk dilakukan. Westerling sudah lebih dulu mendengar rencana penangkapan tersebut, sehingga ia mempercepat pelaksanaan kudetanya. Westerling dan anak buahnya menembak mati setiap anggota TNI yang mereka temui di jalan. 

Sementara Westerling menyerang kota Bandung, anak buahnya, Sersan Meijer menuju ke Jakarta untuk menangkap Presiden Soekarno dan mengambil alih gedung-gedung pemerintahan. Sayangnya, karena pasukan KNIL dan Tentara Islam Indonesia (TII) tidak muncul untuk membantu Westerling, serangannya di Jakarta mengalami kegagalan.  Setelah melakukan pembantaian di Bandung, seluruh pasukan RST kembali ke tempat mereka masing-masing. Meskipun sudah banyak korban jiwa, Westerling tetap tidak tinggal diam. Ia berniat untuk mengulang kembali tindakannya tersebut. Namun, upaya keduanya ini gagal, sehingga kudeta pun tidak berhasil dilakukan.

Dengan demikian, dua cara untuk menumpas APRA di Bandung adalah dengan melakukan tekanan terhadap Westerling dan menjalankan operasi militer.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

No Nama Pemberontakan Tokoh/ Penggerak Penyebab Upaya Penyelesaian Dampak 7.  APRA

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, pemberontakan APRA diawali karena ketidak setujuan atas hasil KMB yang membubarkan RIS. Gerakan ini dipelopori oleh Raymon Westerling, dilakukan operasi milliter demi menumpas gerakan ini.

0

Roboguru

Upaya pemerintah Indonesia untuk menghancurkan APRA adalah dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Raymond Westerling pada Januari 1950. Pemberontakan yang berpusat di Bandung, Jawa Barat ini bertujuan untuk mempertahankan Negara Pasundan sebagai negara federal dan menjadikan KNIL sebagai tentara Negara Pasundan. Untuk mengatasi pemberontakan ini, pemerintah Indonesia meminta APRIS untuk menumpasnya. Pada Februari 1950, APRIS bersama masyarakat Bandung berhasil menumpas pemberontakan ini, sedangkan Westerling melarikan diri ke Belanda.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kapten Westerling melakukan pembunuhan secara massal di daerah...

Pembahasan Soal:

Raymond Westerling dikenal sebagai seorang militer yang berpengalaman dan kejam. Pada awalnya, ia ditugaskan sebagai Kapten Tentara Kerajaan Belanda untuk melumpuhkan semangat juang rakyat di Sulawesi Sealatan. Selesai bertugas di Sulawesi, ia ditarik ke Jawa Barat dan memimpin pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang bertujuan mempertahankan sistem negera federal. Dalam menjalankan aksinya Westerling melakukan pembantaian terhadap penduduk di Cibarusah, Cikalong, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Dengan demikian pembantaian yang dilakukan oleh Westerling terjadi di beberapa wilayah Jawa Barat.

0

Roboguru

Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) terjadi pada masa...

Pembahasan Soal:

Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) dibentuk oleh Kapten Raymond Westerling pada tahun 1949. Ini adalah milisi bersenjata yang anggotanya terutama berasal dari tentara Belanda (KNIL), yang tidak setuju dengan pembentukan Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) di Jawa Barat, yang saat itu masih berbentuk negara bagian Pasundan. Basis pasukan APRIS di Jawa Barat adalah Divisi Siliwangi. APRA ingin agar keberadaan negara Pasundan dipertahankan sekaligus menjadikan mereka sebagai tentara negara federal di Jawa Barat. Karena itu, pada Januari 1950 Westerling mengultimatum pemerintah RIS. Ultimatum ini segera dijawab Perdana Menteri Hatta dengan memerintahkan penangkapan terhadap Westerling.

Dengan demikian, Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) terjadi pada masa Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan perdana menteri Mohammad Hatta.

0

Roboguru

APRA terjadi di Bandung pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

Usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia sejatinya tidak hanya berasal dari rongrongan kekuatan dari luar, yakni Sekutu dan Belanda, melainkan juga berasal dari dalam negeri sendiri dalam bentuk serangkaian pemberontakan. Salah satu di antaranya adalah Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA).

Pemberontakan APRA terjadi pada tanggal 23 Januari 1950 di Bandung. Adapun pemicunya adalah serangkaian hasil Konferensi Meja Bundar, yaitu: Kerajaan Belanda akan menarik pasukan Belanda dan tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsch Indische Leger) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda. Adanya ketidakpuasan terhadap peleburan antara KNIL dan TNI menjadi tentara APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat), merupakan pemicu terjadinya pemberontakan ini. Hal ini membuat Kapten Raymond Westerling mengumpulkan para anggota bekas KNIL yang merasa tidak puas tersebut sehingga meletuslah pemberontakan APRA.

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved