Roboguru

Teori atom yang dikemukakan oleh Niels Bohr didasarkan pada penelitiannya terhadap ....

Pertanyaan

Teori atom yang dikemukakan oleh Niels Bohr didasarkan pada penelitiannya terhadap ....space 

  1. massa dari beberapa isotopspace 

  2. warna dan sifat fisis atom space 

  3. spektrum atom hidrogen  space 

  4. konfigurasi elektron atom hidrogen space

  5. difraksi sinar X pada suatu atomspace 

Pembahasan Soal:

Teori atom Bohr menyatakan bahwa atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dengan elektron bermuatan negatif yang berputar mengelilinginya dengan lintasan / orbit tertentu seperti model tata surya.

Teori atom Bohr didasarkan atas pengamatannya terhadap spektrum atom gas hidrogen. Jika gas dari suatu unsur dipanaskan sampai suhu tinggi akan dihasilkan cahaya terang, dimana jika cahaya tersebut dilewatkan prisma akan tampak garis-garis berwarna dengan panjang gelombang tertentu (spektrum garis). Setiap unsur memberikan spektrum garis yang berbeda dan bersifat khas untuk unsur tersebut.

Dengan demikian, teori atom yang dikemukakan oleh Niels Bohr didasarkan pada penelitiannya terhadap spektrum atom hidrogen.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan Bagaimana kira-kira Model atom Bohr bisa menjelaskan peristiwa terjadinya spectrum atom hydrogen!

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1913, Niels Bohr mengajukan model atom sebagai berikut :


  1. Dalam atom terdapat lintasan-lintasan tertentu tempat elektron dapat mengorbit inti tanpa disertai pemancaran atau penyerapan energi yang disebut dengan orbit.Tingkat energi lintasan elektron tersebut merupakan kelipatan dari suatu bilangan bulat dari 1 sampai dengan tak terhingga yang disebut bilangan kuantum utama (n). Semakin besar nilai n maka, semakin jauh dari inti, energi elektron yang mengorbit pada kulit itu makin besar.
  2. Hanya pada orbit dengan tingkat energi tertentu itulah elektron dapat mengelilingi inti atau dengan kata lain tingkat energi terkwantisasi.
  3. Elektron dapat berpindah dari satu kulit ke kulit lain disertai pemancaran atau penyerapan sejumlah tertentu energi. 


Spektrum Hidrogen adalah susunan pancaran dari atom hidrogen saat elektronnya melompat atau bertransisi dari tingkat energi tinggi ke rendah. Susunan pancaran dari atom hidrogen dibagi menjadi beberapa rangkaian spektral, dengan panjang gelombang yang dihitung dengan formula Rydberg. Garis-garis spektral yang diamati ini terbentuk karena elektron yang bertransisi antara dua tingkat energi yang berbeda di dalam atomnya. 

Jadi, model atom Bohr dapat menjelaskan adanya spektrum hidrogen karena Bohr dapat menjelaskan adanya pelepasan energi saat elektron bertransisi. 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!  1) Model atom Bohr dapat menjelaskan spektrum garis semua atom.  2) Elektron mengitari inti atom dalam lintasan-lintasan tertentu yang disebut orbit.  3) Elektron...

Pembahasan Soal:

Teori atom Niels Bohr dapat menjelaskan spektrum atom hidrogen yang tidak dapat dijelaskan oleh teori sebelumnya, Menurut Bohr, elektron mengitari inti atom dalam lintasan-lintasan tertentu (orbit) dan stasioner (berenergi tetap). Elektron dapat berpindah orbit dengan cara menyerap atau memancarkan energi.undefined 


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Teori atom Rutherford memiliki kelemahan tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke inti atom yang bermuatan positif. Niels Bohr, seorang fisikawan Denmark, berhasil menjelaskan kelemahan...

Pembahasan Soal:

Teori Atom Bohr

  1. Atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif (terdapat proton dan neutron) dan dikelilingi oleh elektron yang bergerak pada lintasan energi tertentu (disebut juga kulit atom)
  2. Pada keadaan normal, elektron menempati tingkat energi terendah
  3. Elektron dapat berpindah dari tingkat energi rendah (ground state/dasar) ke tingkat energi yang lebih tinggi (excited state/eksitasi) jika menyerap energi, dan sebaliknya

Jadi, elektron suatu atom tidak akan jatuh ke dalam inti atom karena elektron bergerak pada lintasan tertentu, dan tidak dapat berpindah dari tingkat energi tertentu tanpa adanya perubahan energi.space 

1

Roboguru

Dengan menggunakan rumus: E=−2,18×10−18J(n2Z2​), hitunglah energi elektron atom hidrogen kulit ke-1, ke-2, dan ke-3

Pembahasan Soal:

Penghitungan energi elektron atom diturunkan dari prinsip gaya elektrostatik gerak melingkar. Rumus yang digunakan adalah:

E equals minus sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses Z squared over n squared close parentheses

dengan Z merupakan muatan inti efektif dan n merupakan tingkat energi atau nomor kulit.

Untuk atom hidrogen, nilai Z = 1.

Energi pada kulit ke-1 (n = 1):

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row E equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses Z squared over n squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses 1 squared over 1 squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J end cell end table 

Energi pada kulit ke-2 (n = 2):

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row E equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses Z squared over n squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses 1 squared over 2 squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 5 comma 45 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent space J end cell end table 

Energi pada kulit ke-3 (n = 3):

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row E equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses Z squared over n squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 2 comma 18 cross times 10 to the power of negative sign 18 end exponent space J space open parentheses 1 squared over 3 squared close parentheses end cell row blank equals cell negative sign 2 comma 42 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent space J end cell end table  

Tanda negatif menunjukkan kecenderungan elektron untuk tertarik ke inti atom. Semakin tinggi tingkat energi, tarikan inti atom ke elektron semakin berkurang.


Jadi, energi elektron atom pada kulit ke-1 sebesar Error converting from MathML to accessible text.; kulit ke-2 sebesar Error converting from MathML to accessible text.; kulit ke-3 sebesar Error converting from MathML to accessible text..

0

Roboguru

Spektrum atom merupakan spektrum yang berupa garis dengan warna tertentu. Menurut Niels Bohr, hal ini terjadi karena ...

Pembahasan Soal:

Menurut Niels Bohr, spektrum garis menunjukkan bahwa elektron dalam atom hanya dapat beredar pada lintasan-lintasan dengan tingkat energi tertentu. Pada lintasan itu, elektron dapat beredar tanpa pemancaran atau penyerapan energi. Lintasan elektron tersebut berupa lingkaran dengan jari-jari tertentu yang disebut sebagai kulit atom. 

 

Kulit atom dinyatakan dengan suatu bilangan kuantum (n) yang bernilai n = 1, 2, 3, 4, dan seterusnya serta dilambangkan dengan huruf K, L, M, N, dan seterusnya. Semakin besar nilai n, semakin besar pula tingkat energinya.

Elektron dapat berpindah antar lintasan. Elektron akan menyerap energi jika elektron berpindah ke tingkat energi yang lebih tinggi, dan melepaskan energi jika kembali ke tingkat energi yang lebih rendah. Bentuk energi yang dilepaskan dapat berupa emisi cahaya UV, cahaya tampak, atau emisi panas.

Oleh karena perpindahan elektron ini berlangsung antara kulit yang sudah tertentu tingkat energinya, maka atom hanya akan memancarkan radiasi dengan tingkat energi yang tertentu pula. Dengan demikian, dapat dijelaskan mengapa spektrum unsur berupa spektrum garis.


Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space space

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved