Pertanyaan

Tentukanlah pH larutan setelah reaksi dari masing-masing reaksi penggaraman berikut ini. 100 mL CH 3 ​ COOH ( a q ) 0,2M + 100 mL NaOH ( a q ) 0,1 M

Tentukanlah pH larutan setelah reaksi dari masing-masing reaksi penggaraman berikut ini.

100 mL  0,2 M + 100 mL  0,1 Mspace

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nilai pH larutan hasil reaksi penggaraman tersebut adalah 5.

nilai pH larutan hasil reaksi penggaraman tersebut adalah 5.

Pembahasan

Reaksi penggaraman adalah reaksi antara senyawa asam dan basa yang membentuk senyawa garam dan air. Dasar dari reaksi ini adalah ion H + pada asam dan ion OH − pada basa akan bersatu membentuk air sedangkan sisa asam dan sisa basa akan bersatu membentuk garam. pH larutan dari hasil reaksi penggaraman bergantung pada jumlah dan jenis reaktan yang bereaksi. Pada soal terdapat larutan CH 3 ​ COOH yang merupakan senyawa asam lemah dan NaOH yang merupakan senyawa basa lemah. Untuk mengetahui pH campuran, maka dapat dihitung dengan langkah-langkah berikut: Menentukan mol CH 3 ​ COOH dan NaOH mmol CH 3 ​ COOH ​ = = = ​ M × V ( mL ) 0 , 2 × 100 20 mmol ​ mmol NaOH ​ = = = ​ M × V ( mL ) 0 , 1 × 100 10 mmol ​ Menentukan stoikiometri reaksi penggaraman Pereaksi pembatas pada reaksi adalah NaOH dan terdapat sisa pada senyawa CH 3 ​ COOH yaitu 10 mmol.Sehingga larutan merupakan larutan penyangga asam dan dalam pengukuran pHnya nilai mmol CH 3 ​ COOH pada saat sisa dan mmol garam CH 3 ​ COONa akan digunakan. Menentukan nilai pH Nilai pH pada larutan dihitung dengan rumus larutan penyangga basa, dengan diketahui nilai K a ​ CH 3 ​ COOH = 1 0 − 5 . [ H + ] ​ = = = ​ K a ​ × g b ​ 1 0 − 5 × 10 mmol 10 mmol ​ 1 0 − 5 M ​ pH ​ = = = ​ − lo g [ H + ] − lo g 1 0 − 5 5 ​ Jadi, nilai pH larutan hasil reaksi penggaraman tersebut adalah 5.

Reaksi penggaraman adalah reaksi antara senyawa asam dan basa yang membentuk senyawa garam dan air. Dasar dari reaksi ini adalah ion  pada asam dan ion  pada basa akan bersatu membentuk air sedangkan sisa asam dan sisa basa akan bersatu membentuk garam. pH larutan dari hasil reaksi penggaraman bergantung pada jumlah dan jenis reaktan yang bereaksi.

Pada soal terdapat larutan  yang merupakan senyawa asam lemah dan  yang merupakan senyawa basa lemah. Untuk mengetahui pH campuran, maka dapat dihitung dengan langkah-langkah berikut:

Menentukan mol  dan 



Menentukan stoikiometri reaksi penggaraman

 


Pereaksi pembatas pada reaksi adalah  dan terdapat sisa pada senyawa  yaitu 10 mmol. Sehingga larutan merupakan larutan penyangga asam dan dalam pengukuran pHnya nilai mmol  pada saat sisa dan mmol garam  akan digunakan.

Menentukan nilai pH

Nilai pH pada larutan dihitung dengan rumus larutan penyangga basa, dengan diketahui nilai .




Jadi, nilai pH larutan hasil reaksi penggaraman tersebut adalah 5.

13

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika 1 g NaOH (M = 40 g/mol) dilarutkan ke dalam 500 mL CH 3 ​ COOH 0,1 M, larutan yang terbentuk adalah .... ( K a ​ CH 3 ​ COOH = 1 0 − 5 )

22

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia