Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah pantun berikut!


Membeli buku di daerah pecinan

Membeli buku lebih dari satu

Janganlah menunda pekerjaan

Hindari menyia-nyiakan waktuundefined 

Tentukanlah jumlah suku kata pada pantun tersebut!

Tentukanlah jumlah suku kata pada pantun tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

C. Euntik

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jumlah suku kata baris pertama adalah 12 suku kata, baris kedua adalah 11 suku kata, baris ketiga adalah 10 suku kata, serta baris keempat adalah 11 suku kata.

jumlah suku kata baris pertama adalah 12 suku kata, baris kedua adalah 11 suku kata, baris ketiga adalah 10 suku kata, serta baris keempat adalah 11 suku kata.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pantun merupakan salah satupuisi lama Indonesia yang berasal dari kebudayaan Melayu. Ciri pantun, di antaranya adalah terdiri dari empat baris setiap baitnya, berima silang (a-b-a-b), dua baris pertama disebut dengan sampiran dan dua baris selanjutnya disebut isi, serta terdiri dari delapan hingga dua belas suku kata. Berdasarkan pantun di atas, berikut ini adalah penjabaran jumlah suku kata setiap baris pantun. Baris pertama terdiri atas 12 suku kata, yaitu mem-be-li bu-ku di da-e-rah pe-ci-nan . Baris kedua terdiri atas 11 suku kata, yaitu mem-be-li bu-ku le-bih da-ri sa-tu . Lalu, baris ketiga terdiri atas 10 suku kata, yaitu ja-ngan-lah me-nun-da pe-ker-ja-an. Terakhir, baris keempat terdiri atas 11 suku kata, yaitu hin-da-ri me-nyi-a-nyi-a-kan wak-tu. Dengan demikian, jumlah suku kata baris pertama adalah 12 suku kata, baris kedua adalah 11 suku kata, baris ketiga adalah 10 suku kata, serta baris keempat adalah 11 suku kata.

Pantun merupakan salah satu puisi lama Indonesia yang berasal dari kebudayaan Melayu. Ciri pantun, di antaranya adalah terdiri dari empat baris setiap baitnya, berima silang (a-b-a-b), dua baris pertama disebut dengan sampiran dan dua baris selanjutnya disebut isi, serta terdiri dari delapan hingga dua belas suku kata. Berdasarkan pantun di atas, berikut ini adalah penjabaran jumlah suku kata setiap baris pantun. Baris pertama terdiri atas 12 suku kata, yaitu mem-be-li bu-ku di da-e-rah pe-ci-nan. Baris kedua terdiri atas 11 suku kata, yaitu mem-be-li bu-ku le-bih da-ri sa-tu. Lalu, baris ketiga terdiri atas 10 suku kata, yaitu ja-ngan-lah me-nun-da pe-ker-ja-an. Terakhir, baris keempat terdiri atas 11 suku kata, yaitu hin-da-ri me-nyi-a-nyi-a-kan wak-tu.

Dengan demikian, jumlah suku kata baris pertama adalah 12 suku kata, baris kedua adalah 11 suku kata, baris ketiga adalah 10 suku kata, serta baris keempat adalah 11 suku kata.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

chelsy elton

Bantu banget

Gita Praba

Membantu sekali 👍

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

[…...] (1) [……] (2) Agar tak jadi anak durhaka, Nasihat orang tua dengarkanlah. Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…..

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia