Pertanyaan

Perhatikan teks fabel berikut dengan saksama!


Keong Mas


    Seorang raja mempunyai dua orang putri cantik. Nama kedua putri tersebut adalah Candra Kirana dan Dewi Galuh. Namun, perangai kedua putri tersebut sungguh berbeda, Candra Kirana yang begitu baik sedangkan saudaranya begitu angkuh.

    Suatu hari raja memberitahu bahwa seorang pangeran tampan bernama Inu Kertapati melamar Candra Kirana. Mendengar hal tersebut timbullah rasa iri Dewi Galuh. Gadis itu kemudian pergi menemui seorang Penyihir untuk mengubahnya menjadi seekor keong.

    Penyihir tersebut berhasil mengubah Candra Kirana menjadi seekor keong lalu membuangnya ke sungai. Ia bisa berubah menjadi manusia lagi jika bisa menemukan cinta sejatinya. Kemudian, keong emas ditemukan oleh seorang nenek yang sedang menjaring dan membawanya pulang.

     Keesokan harinya ketika nenek kembali dari mencari ikan, ia melihat berbagai hidangan lezat tersaji di meja. Tak hanya itu, rumahnya pun menjadi lebih bersih. Kejadian tersebut terjadi berulang kali hingga membuat nenek penasaran.

    Beberapa waktu kemudian, nenek berpura-pura untuk pergi bekerja namun kembali lagi tak lama kemudian. Ternyata, yang membantunya selama ini adalah keong emas jelmaan seorang putri cantik yang dulu ia temukannya di sungai. Dari situ, Candra Kirana menceritakan semua yang terjadi pada dirinya sehingga menjadi seekor keong.

    Sementara itu, sang Pangeran pun tidak tinggal diam dan ikut mencari Candra Kirana yang tiba-tiba menghilang. Dia mencari tanpa lelah hingga ke pelosok desa. Hingga pada suatu hari la kelelahan dan pergi ke salah satu rumah warga untuk meminta minum.

    Alangkah terkejutnya ia ketika melihat Candra Kirana di sana. Seketika itu juga kutukan Candra Kirana menghilang. Kemudian, sang pangeran membawa Candra Kirana beserta sang nenek ke kerajaan.

 Sang Penyihir dan Dewi Galuh pun mendapatkan hukumannya. Candra Kirana dan Inu Kertapati kemudian menikah dan bahagia selamanya.space 

Tentukan watak tokoh dan bukti kalimat yang mendukung watak tokoh tersebut!

Tentukan watak tokoh dan bukti kalimat yang mendukung watak tokoh tersebut!space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Watak tokohadalah bagaimana karakter atau sifat yangtokohdalam suatu cerita. Pada fabel di atas, tokoh yang disebutkan adalah seorang raja, dua orang putrinya yaitu Candra kirana dan Dewi Galuh, seorang nenek dan seorang penyihir. Watak masing-masing tokoh dan kalimat penjelasnya adalah sebagai berikut: Raja : penyayang kepada anaknya Kalimat penjelas :Suatu hari raja memberitahu bahwa seorang pangeran tampan bernama Inu Kertapati melamar Candra Kirana. Candra Kirana :baik, rajin dan sabar menghadapi tingkah saudaranya. Kalimat penjelas : - Candra Kirana yang begitu baik sedangkan saudaranyabegitu angkuh, -Ternyata, yang membantunya selama ini adalah keong emas jelmaan seorang putri cantik yang dulu ia temukannya di sungai. Dewi Galuh : angkuh, iri hati Kalimat penjelas : - Candra Kirana yang begitu baik sedangkan saudaranyabegitu angkuh. -Mendengar hal tersebut timbullah rasa iri Dewi Galuh Nenek : baik, penasaran terhadap sesuatu Kalimat penjelas : - Kemudian, keong emas ditemukan oleh seorang nenek yang sedang menjaring dan membawanya pulang. - Kejadian tersebut terjadi berulang kali hingga membuat nenek penasaran. Penyihir : jahat Kalimat penjelas :Penyihir tersebut berhasil mengubah Candra Kirana menjadi seekor keonglalu membuangnya ke sungai.

Watak tokoh adalah bagaimana karakter atau sifat yang tokoh dalam suatu cerita. Pada fabel di atas, tokoh yang disebutkan adalah seorang raja, dua orang putrinya yaitu Candra kirana dan Dewi Galuh, seorang nenek dan seorang penyihir.

Watak masing-masing tokoh dan kalimat penjelasnya adalah sebagai berikut:

  1. Raja: penyayang kepada anaknya
    Kalimat penjelas: Suatu hari raja memberitahu bahwa seorang pangeran tampan bernama Inu Kertapati melamar Candra Kirana.
     
  2. Candra Kirana: baik, rajin dan sabar menghadapi tingkah saudaranya.
    Kalimat penjelas
    - Candra Kirana yang begitu baik sedangkan saudaranya begitu angkuh, 
    -Ternyata, yang membantunya selama ini adalah keong emas jelmaan seorang putri cantik yang dulu ia temukannya di sungai.
     
  3. Dewi Galuh: angkuh, iri hati 
    Kalimat penjelas:
    - Candra Kirana yang begitu baik sedangkan saudaranya begitu angkuh.
    - Mendengar hal tersebut timbullah rasa iri Dewi Galuh
     
  4. Nenek: baik, penasaran terhadap sesuatu
    Kalimat penjelas: - Kemudian, keong emas ditemukan oleh seorang nenek yang sedang menjaring dan membawanya pulang.
    - Kejadian tersebut terjadi berulang kali hingga membuat nenek penasaran.
     
  5. Penyihir: jahat
    Kalimat penjelas: Penyihir tersebut berhasil mengubah Candra Kirana menjadi seekor keong lalu membuangnya ke sungai.space 

420

5.0 (1 rating)

Ethan

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Iklan

Pertanyaan serupa

Karakter tokoh Beruang pada kutipan fabel tersebut adalah ....

783

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia