Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan penggalan fabel berikut ini!

“Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”. Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.space 

Sebutkan tokoh dan watak dalam cerita di atas!

Sebutkan tokoh dan watak dalam cerita di atas!space 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tokoh dan watak yang terdapat pada penggalan teks fabel tersebut adalah siKupu-Kupu berwatak protagonis karena memiliki sifat yang baik dan suka menolong dan si Semut berwatak antagonis karena memiliki sifat yang sombong.

tokoh dan watak yang terdapat pada penggalan teks fabel tersebut adalah si Kupu-Kupu berwatak protagonis karena memiliki sifat yang baik dan suka menolong dan si Semut berwatak antagonis karena memiliki sifat yang sombong.space 

Iklan

Pembahasan

Fabel adalah cerita bermoral yang menggambarkan budi dan watak manusia yang diperankan oleh binatang. Fabel sendiri masuk ke dalam cerita fiksi, yang artinya bukan kehidupan nyata. Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakukan dalam berbagai peristiwacerita. Watak tokoh adalah sifat yang dimiliki olehtokohtersebut. Watak tokohdalam cerita ada tiga, yaitu antagonis, protagonis, dan tritagonis. Analisis tokoh dan watak tokoh yang terdapat pada pengalan teks fabel: “Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”. Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut. Tokoh yang terdapat pada teks fabel di atas adalah siKupu-Kupu dan si Semut. Hal ini dibuktikan dari kalimat kutipan teks berikut: Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut. Watak dari masing-masing tokoh adalah: Si Kupu-kupu Memiliki watak protagonis karena sifatnya yang baik dan suka menolong. Hal ini dibuktikan dengan kutipan berikut: Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut. Si Semut Memiliki watak antagonis karena memiliki sifat yangsombong. Hal ini dibuktikan dari kutipan berikut: “Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”. Dengan demikian, tokoh dan watak yang terdapat pada penggalan teks fabel tersebut adalah siKupu-Kupu berwatak protagonis karena memiliki sifat yang baik dan suka menolong dan si Semut berwatak antagonis karena memiliki sifat yang sombong.

Fabel adalah cerita bermoral yang menggambarkan budi dan watak manusia yang diperankan oleh binatang. Fabel sendiri masuk ke dalam cerita fiksi, yang artinya bukan kehidupan nyata. 

Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakukan dalam berbagai peristiwa cerita.

Watak tokoh adalah sifat yang dimiliki oleh tokoh tersebut. Watak tokoh dalam cerita ada tiga, yaitu antagonis, protagonis, dan tritagonis.

Analisis tokoh dan watak tokoh yang terdapat pada pengalan teks fabel:

“Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”. Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.

Tokoh yang terdapat pada teks fabel di atas adalah si Kupu-Kupu dan si Semut. Hal ini dibuktikan dari kalimat kutipan teks berikut:

Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut.

Watak dari masing-masing tokoh adalah:

  • Si Kupu-kupu
    Memiliki watak protagonis karena sifatnya yang baik dan suka menolong.
    Hal ini dibuktikan dengan kutipan berikut:
    Si Kupu-kupu akhirnya menolong si Semut dan semut pun selamat serta berjanji tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di hutan tersebut.
  • Si Semut
    Memiliki watak antagonis karena memiliki sifat yang sombong.
    Hal ini dibuktikan dari kutipan berikut:
    “Tolong aku, Kupu-Kupu, aku minta ma’af waktu itu aku sangat sombong sekali bisa bertahan dari badai hanya karena aku berlindung di bawah tanah”.

Dengan demikian, tokoh dan watak yang terdapat pada penggalan teks fabel tersebut adalah si Kupu-Kupu berwatak protagonis karena memiliki sifat yang baik dan suka menolong dan si Semut berwatak antagonis karena memiliki sifat yang sombong.space 

Latihan Bab

Mengenal Fabel dan Legenda

Intrinsik Fabel dan Legenda

Kebahasaan Fabel dan Legenda

Menganalisis Fabel dan Legenda

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sifat tokoh Kuku dalam fabel di atas adalah ….

315

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia