Roboguru

Tentukan tema dan pesan dalam puisi Langit di Mana-Mana!

Pertanyaan

Tentukan tema dan pesan dalam puisi Langit di Mana-Mana!undefined 

Pembahasan Soal:

Tema puisi adalah gagasan pokok yang dikemukakan oleh penyair melalui puisinya. Pesan adalah dapat diartikan sebagai makna karya sastra yang berhubungan dengan seseoarang, konsep, dan situasi pengimajinasian puisi.

Sebuah puisi harus mempunya gagasan pokok pemikiran. Gagasan ini akan mejadi kerangka bagaimana puisi itu akan dibagun. Puisi setidaknya memiliki  5 jenis tema puisi yaitu (1) ketuhanan, (2) kemanusiaan, (3) kebangsaan, (4) keadilan sosial, dan  (5) kedaulatan rakyat. Pada puisi Langit di Mana-Mana memiliki tema kemanusiaan. Melalui peristiwa atau tragedi yang digambarkan penyair dalam puisi, ia berusaha meyakinkan pembaca tentang ketinggian martabat manusia. Dalam puisi tersebut dijelaskan bahwa seorang nelayan pun berhak memiliki mimpi.

Pesan dalam sebuah puisi merupakan tujuan penyair membuat puisi tersebut. Berdasarkan tema dari puisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pesan yang ingin disampaikan oleh penyair adalah setiap orang berhak memiliki mimpi karena dunia ini sangat luas untuk setiap orang memiliki mimpi dan berjuang mewujudkannya.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Analisislah suasana, tema, dan makna puisi tersebut!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi tersebut, contohnya gembira, bahagia, sedih, haru, gelisah, bimbang, semangat, tenang, pasrah, khusyuk, sepi, dan bimbang. Tema dalam puisi adalah gagasan pokok penyair lewat puisinya. Sedangkan makna puisi adalah arti atau maksud atau isi yang terkandung dalam puisi yang dapat ditangkap oleh pembaca sesuai tingkat pengalaman dan pengetahuannya.

Dengan demikian, pada puisi di atas, dapat dituliskan sebagai berikut:

  1. Suasana: kesedihan dan kekecewaan masa lalu. Penyair menggunakan kalimat ia telah meletakkan hidupnya di antara tanda petik untuk menggarisbawahi tidak ingin lagi mengingat kenangan masa lalu.
  2. Tema: Penyair menggambarkan tentang masa lalu yang tak ingin terkuak lagi atau masa lalu yang terkubur. 
    Terlihat lewat penggalan puisi di bawah ini :
    ia meletakkan kenangannya
    dengan sangat hati-hati
    di laci meja dan menguncinya
    memasukkan anak kunci ke saku celana
  3. Makna puisi: Penyair mengisyaratkan bahwa masa lalu yang tidak penting tidak perlu diingat-ingat kembali.space 
Roboguru

Realitas sosial yang digambarkan dalam puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi adalah salah satu jenis karya sastra yang gaya bahasanya sangat ditentukan oleh irama, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Terciptanya puisi tidak terlepas dari realita sosial. Realitas sosial adalah fakta/kenyataan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Realitas sosial yang digambarkan dalam puisi tersebut adalah rakyat tertunduk layu karena kesejahteraan yang dijanjikan raja tak terwujud.

Realitas sosial tersebut tergambar pada larik "Dan lagi-lagi rakyat termangu" "Jutaan kepala tertunduk layu" dari kedua larik tersebut tergambarkan bahwa rakyat tertunduk layu.

Kemudian, alasan rakyat tertunduk layu tergambar pada larik "Di bawah terang bulan di atas comberan" frasa "di bawah terang bulan" menggambarkan keindahan berupa kesejahteraan layaknya terangnya bulan. Akan tetapi keindahan tersebut berada di atas comberan yang identik sebagai tempat yang tidak nyaman, sehingga keindahan terang rembulan (kesejahteraan) tidak dapat dinikmati menggambarkan janji yang tak terwujud.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Perbedaan amanat dengan tema adalah ….

Pembahasan Soal:

Tema dan amanat selalu terdapat dalam puisi dan umumnya keduanya tidak disampaikan secara tersurat. Namun, keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Tema puisi adalah ide atau gagasan pokok yang dikemukakan penyair dalam puisinya. Sementara itu, amanat adalah pesan penyair yang diharapkan menjadi sebuah perenungan atau nasihat bagi para pembaca.

Amanat sebuah puisi bersifat interpretatif. Artinya, setiap pembaca dapat memiliki penafsiran yang berbeda terhadap amanat dalam sebuah puisi. Sementara itu, rumusan tema cenderung objektif dan umumnya dipahami sama oleh semua pembaca puisi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan kedua puisi berikut! Puisi I Puisi II Engkau adalah teman sejati Kau dengar semua keluhanku Tentang sekoah, pekerjaan Engkau tak kan kulupakan ...

Pembahasan Soal:

Membandingkan isi dua buah teks bertujuan menemukan persamaan dan perbedaan dari kedua teks tersebut. Perbedaan yang ada di dalam kedua puisi itu yakni:

Pada jawaban C di bawah ini,

Amanat Puisi I

Amanat Puisi II

Jadilah teman sejati

Jadilah sahabat yang setia

Dalam teks pertama terdapat kalimat Engkau adalah teman sejati (yang menandakan harapan akan adanya teman sejati); sedangkan dalam teks kedua terdapat kalimat sahabat selalu setia (yang menandakan harapan akan kehadiran sahabat yang setia). Oleh karena itu, pilihan C merupakan jawaban yang tepat.

Roboguru

Amanat puisi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata . Puisi memiliki struktur batin sebagai pembangun puisi, salah satunya adalah amanat. Amanat/tujuan/maksud (intention), yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca.
Puisi tersebut menggambarkan tentang tiga anak kecil yang malu-malu datang ke Salemba pada sore hari. Tiga anak kecil tersebut memberikan pita hitam yang disertakan dalam karangan bunga. Mereka ikut berduka atas penembakan kakak yang meninggal saat siang tadi. Berdasarkan puisi tersebut, ketiga anak tersebut menghargai pengorbanan yang dilakukan oleh kakak. Mereka merasa sedih dan ikut berduka atas kejadian penembakan itu hingga kakak meninggal.
Dengan demikian, amanat puisi tersebut adalah hendaklah kita menghargai pengorbanan yang membela kebenaran.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved