Roboguru

Tentukan perbedaan latar tempat dan penokohan kutipan hikayat dengan cerpen cerpen tersebut!

Pertanyaan

Tentukan perbedaan latar tempat dan penokohan kutipan hikayat dengan cerpen cerpen tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama berbentuk prosa berisi cerita, undang-undang, dan silsilah. Teks hikayat dapat dianalisis baik secara unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik. Berikut adalah analisis teks hikayat tersebut.

Hikayat di atas bercerita tentang seorang raja keinderaan yang kena sumpah Batara Indra dan sekarang hidup laki-bini sebagai si Miskin di negeri Anta Beranta yang diperintah oleh Maharaja Indra Dewa, sedangkan cerpen di atas bercerita tentang lelaki muda bernama Rojali yang suka mengeluh.

Pada hikayat, analisis unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

Latar tempat

  1. negeri Anta Berantah terdapat pada kalimat Adapun raja itu sekarang hidup laki-bini sebagai si Miskin di negeri Anta Beranta yang diperintah oleh Maharaja Indra Dewa
  2. dalam istana raja terdapat pada kalimat Biarpun gentar, terpaksa juga si Miskin meminta mempelam dari raja Raja Anta.

Penokohan

  1. si Miskin adalah orang yang pemberani dan baik hati, hal ini terdapat pada kalimat Biarpun gentar, terpaksa juga si Miskin meminta mempelam dari raja Raja Anta.
  2. istri si Miskin adalah orang yang penyabar, hal ini terdapat pada kalimat Terpaksalah mereka makan ketupat dan buku tebu yang didapatinya dari timbunan-timbunan sampah.
  3. Raja adalah orang yang baik hati. Hal ini terdapat pada kalimat Beberapa lama kemudian, bini si Miskin ingin makan nangka yang ada di dalam istana pula, dan nangka itu pun diberikan juga oleh raja.

Pada cerpen di atas, analisis unsur-unsurnya adalah sebagai berikut.

Latar tempat

  1. kursi kayu bercat kuning terdapat pada kalimat Duduk pada sebuah kursi kayu bercat kuning,

Penokohan

  1. Rojali adalah orang yang menyebalkan. Hal ini terlihat dari kalimat "Apa dengan salat saya bisa dapat pekerjaan?" Pertanyaan yang dilontarkan Rojali kepada babenya itu hampir saja membuat Haji Usin marah.
  2. Haji Usin adalah orang yang penyabar meskipun beberapa kali Rojali membuatnya marah tetap saja Haji Usin sabar dan tidak memarahi Rojali. Hal ini dapat terlihat dari salah satu kalimat Rojali tersenyum meledek. Haji Usin diam sambil menggelengkan kepalanya.

Dengan demikian, latar tempat yang ada dalam teks hikayat terdapat di negeri antah berantah dan pada teks cerpen terdapat di dalam istana, sedangkan watak tokoh Rojali adalah menyebalkan dan Haji Usin adalah orang yang penyabar.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rahmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sifat tokoh anak raja dalam kutipan hikayat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah penokohan, yaitu sifat atau watak orang yang terlibat di dalam cerita. Pada kutipan hikayat di atas, diceritakan bahwa tokoh anak raja menolong katak dari ular dengan menukarkan katak dengan apa yang ia miliki. Oleh karena itu, sifat tokoh anak raja dalam kutipan hikayat tersebut adalah murah hati.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Amanat yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Hikayat adalah karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta. Dalam penyusunannya terdapat unsur-unsur yang memengaruhi penceritaan. Salah satunya adalah unsur intrinsik atau unsur di dalam cerita yang memengaruhi isi cerita.

Unsur intrinsik hikayat, di antaranya terdiri atas:

  1. Tema : dasar pikiran atau gagasan utama yang mendasari jalan cerita.
  2. Penokohan : watak atau karakter tokoh yang terdapat dalam sebuah cerita.
  3. Latar : gambaran tempat, waktu, dan suasana cerita.
  4. Alur : rangkaian kronologi peristiwa dalam cerita, yang dibedakan atas alur maju, mundur, atau alur campuran.
  5. Sudut pandang : pandangan pengarang terhadap cerita, dapat berupa sudut pandang orang pertama atau sudut pandang orang ketiga.
  6. Amanat : pesan moral yang hendak disampaikan oleh pengarang.
  7. Gaya Bahasa : pemakaian ragam bahasa yang berfungsi untuk memberikan kesan yang lebih menarik dengan menggunakan majas.

Berdasarkan kutipan hikayat di atas,  amanat yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut disampaikan oleh tokoh Rubah kepada Bangau pada paragraf terakhir. Dalam paragraf tersebut, Rubah mengatakan bahwa Bangau diberikan berbagai macam kelebihan untuk memudahkan hidupnya. Secara tidak langsung, dalam pernyataan tersebut, pengarang hendak berpesan kepada para pembaca untuk selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang kita miliki.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Kutipan teks hikayat tersebut menggunakan sudut pandang ....

Pembahasan Soal:

Sudut pandang adalah arah pandang seorang penulis dalam menyampaikan cerita. Terdapat beberapa jenis sudut pandang, salah satunya adalah sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang ini sudut pandang yang digunakan penulis untuk meletakkan tokoh utama sebagai orang dengan kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga dapat berupa dia, ia, mereka, atau nama orang.

Berdasarkan kutipan:

Alkisah maka tersebutlah perkataan gajah itu berbicara dengan segala rakyatnya itu, "Sebermula adapun raja kera datang membawa dirinya kepadaku ini pada fitnah bencana pelanduk jenaka itu."

Kalimat tersebut mengandung kata ganti orang ketiga yaitu adanya kata ganti gajah, rakyatnya, dan raja kera.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.

0

Roboguru

Tokoh Hang Jebat pada teks hikayat tersebut memiliki watak ....

Pembahasan Soal:

Watak atau penokohan di dalam hikayat adalah sifat atau karakter yang melekat pada tokoh-tokoh yang berada di dalam hikayat. Tokoh di dalam hikayat biasanya memiliki watak yang sama sampai akhir kisah. Misalnya, tokoh yang baik akan tetap menjadi baik, sebaliknya tokoh yang jahat akan tetap menjadi jahat.

Cara menentukan watak tokoh ada dua, yaitu:

  1. Tenik dramatik: Watak tokoh tidak disebutkan atau digambarkan langsung oleh pengarang di dalam cerita.
  2. Teknik analitik: Watak tokoh dituliskan atau digambarkan langsung oleh pengarang di dalam cerita.


Watak tokoh Hang Jebat pada teks hikayat tersebut adalah kasar.

Penokohan pada hikayat tersebut menggunakan teknik analitik yaitu watak tokoh digambarkan secara langsung oleh pengarang yang terdapat pada kutipan:

Karena setia kepada sahabatnya, ia mengamuk di keraton, putri-putri dan dayang-dayang diperlakukan kurang sopan sehingga banyak jugalah orang yang meninggal karena kerisnya, yang diberikan Hang Tuah kepadanya.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan C. 

0

Roboguru

"Hikayat Sukarna dan Sukarni" mengangkat tema ....

Pembahasan Soal:

Hikayat merupakan karya sastra lama berbentuk prosa yang isinya berupa cerita, undang-undang, serta istilah. Hikayat bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis atau gabungan sifat-sifat tersebut. Hikayat dapat menjadi hiburan pelipur lara, pembangkit semangat, atau untuk meramaikan pesta.

Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah tema. Tema adalah ide cerita yang mendasari suatu karya. Tema pada hikayat umumnya menyangkut masalah kepercayaan, agama, pandangan hidup, adat istiadat, pencitraan dan pendidikan sosial.

"Hikayat Sukarna dan Sukarni" mengangkat tema perjalanan hidup yang mengandung nilai-nilai kehidupan. "Hikayat Sukarna dan Sukarni" bercerita mengenai perjalanan hidup Sukarna dan Sukarni dari mulai asal-usulnya hingga perjuangannya kabur dari orang yang niat membunuhnya.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B, yaitu perjalanan hidup. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved