Iklan

Iklan

Pertanyaan

    Jen segera melesat keluar kelas. Dan karena ia terlalu cepat berlari, hampir saja ditabraknya seorang pria di koridor. Mana orang sangat jangkung lagi! Ternyata orang itu adalah ketua kelas yang dicarinya sekaligus ketua rohis sekolah, Saddam.

    "Dam! Aku keberatan dengan Iomba itu!" Jen langsung menyerangnya dengan suara lantang, seperti prajurit yang sedang latihan perang.

    Saddam tersenyum tenang. Dia sudah dua tahun sekelas dengan Jen dan tahu bagaimana karakter gadis yang satu itu. Tanpa menatap Jen ia menjawab, "Oh, Iomba baca puisi itu. Teman-teman sekelas mengusulkan kamu untuk jadi wakil Iomba itu. Aku tidak memaksa jika kamu tidak mau. Nanti akan aku bicarakan di kelas. Tapi . . . kenapa kamu keberatan?"

    "Kenapa?" tanya Jen berang. Pikirnya, apa aku ke­lihatan seperti seniman? Dan lagi. . . puisi islami? Ter­lalu jauh untuk membayangkan dirinya yang religius. Mungkin Jen akan lebih mengerti jika ia dicalonkan dalam Iomba olahraga atau ikutan demonstrasi. Ia merasa teman-temannya sedang membuat lelucon yang tidak lucu bagi dirinya. "Kamu jangan memper­mainkan aku, Dam!" katanya kemudian.

(Dikutip dari: Nishima, "Jen dan Lomba Baca Puisi" dalam Aku Bisa Nulis Fiksi, Yogyakarta, Diva Press, 2016)space 

Tentukan latar yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut! Buktikan dengan alasanmu!

Tentukan latar yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut! Buktikan dengan alasanmu!space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar tempat cerpen tersebut adalah koridor sekolah, latar waktunya adalah siang hari, dan latar suasanya adalah marah.

latar tempat cerpen tersebut adalah koridor sekolah, latar waktunya adalah siang hari, dan latar suasanya adalah marah.

Iklan

Pembahasan

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderungsingkat dan padat serta memiliki kesan tertentu. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah latar , yaitu gambaran tempat,waktu, sertasituasi yang terjadi dalam cerita, sehingga latar dibagi menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Pada kutipan cerpen di atas, yang dapat dipastikan hanya latar tempat, yaitukoridor sekolah, karena diceritakan bahwa Jen keluar kelas. Kelas merupakan salah satu ruangan di sekolah. Kemudian, latar waktu kutipan cerpen di atas adalah siang hari, karena kemungkinan Jen dan Saddam berada di koridor sekolahsaat jam istirahat sekolah di siang hari. Lalu, latar suasana kutipan cerpen di atas adalah marah yang dilihat dari sikap panik dan kesal Jen yang dipilih menjadi wakil untuk lomba baca puisi dan marah kepada Saddam. Dengan demikian, latar tempat cerpen tersebut adalah koridor sekolah, latar waktunya adalah siang hari, dan latar suasanya adalah marah.

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu. Salah satu unsur intrinsik cerpen adalah latar, yaitu gambaran tempat, waktu, serta situasi yang terjadi dalam cerita, sehingga latar dibagi menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Pada kutipan cerpen di atas, yang dapat dipastikan hanya latar tempat, yaitu koridor sekolah, karena diceritakan bahwa Jen keluar kelas. Kelas merupakan salah satu ruangan di sekolah. Kemudian, latar waktu kutipan cerpen di atas adalah siang hari, karena kemungkinan Jen dan Saddam berada di koridor sekolah saat jam istirahat sekolah di siang hari. Lalu, latar suasana kutipan cerpen di atas adalah marah yang dilihat dari sikap panik dan kesal Jen yang dipilih menjadi wakil untuk lomba baca puisi dan marah kepada Saddam.

Dengan demikian, latar tempat cerpen tersebut adalah koridor sekolah, latar waktunya adalah siang hari, dan latar suasanya adalah marah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Memilih yang Lebih Baik oleh M. Arman AZ Andi merasa senang sekali. Kemarin, Paman Gunawan membelikannya dua ekor burung pipit. Paman Gunawan membelikan burung itu karena Andi selalu ramah dan...

6

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia