Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan artikel berikut!


    Sebagian besar jumlah penduduk miskin berada di perdesaan. Mayoritas profesi mereka adalah petani dan peternak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuat berbagai program, salah satunya Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera). Program tersebut secara pasti telah memberi andil pada perbaikan pengentasan rakyat miskin dan kondisi perekonomian Indonesia. 


    Program Bekerja yang dijalankan Kementan mampu bersinergi dengan program unggulan lain. Semua program tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu menyejahterakan petani. Sebagai contoh, program upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai (Pajale), hortikultura, serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Ada pula program pembenahan rantai pasok dan distribusi pangan membuat harga jual produk yang diterima petani terus membaik.


Disadur dari: https://www.suarakarya.id/detail/85419/Pembangunan-Pertanian-Turunkan-Angka-Kemiskinan diunduh 25 Februari 2019undefined 

Tentukan kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tersebut!

Tentukan kalimat fakta yang terdapat pada kutipan tersebut! 

Iklan

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kalimat fakta merupakan kalimat yang berisi data atau fakta yang sudah terbukti kebenarannya. Jadi, kalimat yang berisi fakta adalah sebagai berikut. Paragraf 1: Untuk mengatasi masalah tersebut , Kementerian Pertanian (Kementan) telah membuat berbagai program, salah satunya Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera). Paragraf 2: Semua program tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu menyejahterakan petani. Sebagai contoh, program upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai (Pajale), hortikultura, serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Ada pula program pembenahan rantai pasok dan distribusi pangan membuat harga jual produk yang diterima petani terus membaik.

Kalimat fakta merupakan kalimat yang berisi data atau fakta yang sudah terbukti kebenarannya.

Jadi, kalimat yang berisi fakta adalah sebagai berikut.

Paragraf 1:

Untuk mengatasi masalah tersebutKementerian Pertanian (Kementan) telah membuat berbagai program, salah satunya Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera).

Paragraf 2:

Semua program tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu menyejahterakan petani. Sebagai contoh, program upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi, jagung, kedelai (Pajale), hortikultura, serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab). Ada pula program pembenahan rantai pasok dan distribusi pangan membuat harga jual produk yang diterima petani terus membaik.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Artikel

Kebahasaan Teks Artikel

Menganalisis Teks Artikel

Menyusun Teks Artikel

668

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikilah pilihan kata (diksi) dalam kurung pada teks tersebut agar menjadi teks yang benar!

368

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia