Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa saja ciri-ciri opinidan fakta dalam artikel?

Apa saja ciri-ciri opini dan fakta dalam artikel? 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ciri-ciri opini dalam artikel yaitu bersifat subjektif, menggunakan kata-kata yang sifatnya relatif, kebenarannya belum dapat dibuktikan, dan biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa . Sementara, ciri-ciri fakta dalam artikel yaitu berisi data kuantitatif dan kualitatif yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, dan biasanya menjawab pertanyaan apa , siapa , kapan , di mana , atau berapa .

ciri-ciri opini dalam artikel yaitu bersifat subjektif, menggunakan kata-kata yang sifatnya relatif, kebenarannya belum dapat dibuktikan, dan biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Sementara, ciri-ciri fakta  dalam artikel yaitu berisi data kuantitatif dan kualitatif yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, dan biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa. undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu. Fakta adalah kenyataan atau peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi. Ciri-ciri opini : bersifat subjektif berdasarkan pendapat penulis, kata-kata yang digunakan bersifat relatif (bisa berubah), kebenarannya masih belum dapat dibuktikan, biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa . Ciri-ciri fakta : berisi data-data yang sifatnya kuantitatif (berupa angka) dan kualitatif (berupa pernyataan), mempunyai data yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, biasanya dapat menjawab pertanyaan apa , siapa , kapan , di mana , atau berapa . Dengan demikian, ciri-ciri opini dalam artikel yaitu bersifat subjektif, menggunakan kata-kata yang sifatnya relatif, kebenarannya belum dapat dibuktikan, dan biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa . Sementara, ciri-ciri fakta dalam artikel yaitu berisi data kuantitatif dan kualitatif yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, dan biasanya menjawab pertanyaan apa , siapa , kapan , di mana , atau berapa .

Opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu.

Fakta adalah kenyataan atau peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi.

Ciri-ciri opini: bersifat subjektif berdasarkan pendapat penulis, kata-kata yang digunakan bersifat relatif (bisa berubah), kebenarannya masih belum dapat dibuktikan, biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.

Ciri-ciri fakta: berisi data-data yang sifatnya kuantitatif (berupa angka) dan kualitatif (berupa pernyataan), mempunyai data yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, biasanya dapat menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa.

Dengan demikian, ciri-ciri opini dalam artikel yaitu bersifat subjektif, menggunakan kata-kata yang sifatnya relatif, kebenarannya belum dapat dibuktikan, dan biasanya menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa. Sementara, ciri-ciri fakta  dalam artikel yaitu berisi data kuantitatif dan kualitatif yang akurat, dapat dibuktikan kebenarannya, dan biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, atau berapa. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

112

Ahmad I

Bantu banget Makasih ❤️

Rahma

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan dua fakta dan dua pendapat yang terdapat pada teks tersebut!

19

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia