Roboguru

Tentukan judul dan tema yang kamu pilih tersebut diatas, dengan memperhatikan pola pengembangan karangan sebagi berikut : Deduktif Induktif Campuran Deskriptif

Pertanyaan

Tentukan judul dan tema yang kamu pilih tersebut diatas, dengan memperhatikan pola pengembangan karangan sebagi berikut :

  1. Deduktif
  2. Induktif
  3. Campuran
  4. Deskriptifspace 

Pembahasan Soal:

Silakan pilih judul dan tema yang kira-kira kamu kuasai dengan baik.

Untuk membuat teks sesuai dengan pola pengembangannya, kita perlu mengetahui masing-masing pola tersebut.

  1. Pola pengembangan deduktif adalah sebuah pengembangan wacana atau paragraf yang berpola dari umum ke khusus. Artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum kemudian di kembangkan dengan beberapa kalimat penjelas.

    Contoh: Balon sebenarnya merupakan pesawat terbang yang paling sederhana. Balon biasanya terdiri atas kantung bulat dari kertas, sutra, atau kain yang dilapisi karet. Pada kantung itu terdapat udara panas dan hidrogen atau helium.
     
  2. Pola pengembangan induktif adalah pola yang diawali dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus yang diakhiri dengan kesimpulan berupa pernyataan umum.

    Contoh: Pelaksanaan perbaikan jalan rusak menuju kawasan wisata harus segera dimulai. Sebab hingga kini, masih ditemukan jalan yang tak layak pakai sehingga wisatawan pun takut menjangkau lokasi wisata karena jalannya yang memprihatinkan. Selain jalan, fasilitas dan manajemen di lokasi wisata juga tak boleh luput dari perhatian. Inilah yang menyebabkan sejumlah kelompok masyarakat meminta pemerintah agar serius memperbaiki sektor pariwisata daerah.
     
  3. Pola pengembangan campuran adalah pola pengembangan yang dimulai dengan mengemukakan kalimat utama dan diakhiri pula dengan kalimat utama. Kalimat utama yang terletak diakhir paragraf merupakan penegasan dari kalimat di awal paragraf.

    Contoh: Para ibu rumah tangga dianjurkan untuk cerdas dan telaten dalam memilah dan mengolah sampah. Mereka harus dapat memisahkan sampah basah dan sampah kering, lalu melakukan daur ulang sampah secara mandiri. Sampah kering seperti plastik dan bekas kemasan minuman bisa diolah kembali menjadi ragam kerajinan yang bernilai. Sementara itu, sampah basah bisa dijadikan pupuk organik yang bagus untuk tanaman. Pada intinya, ibu rumah tangga benar-benar harus mau memilah sampah untuk kesehatan lingkungan.
     
  4. Pola pengembangan deskriptif adalah pola pengembangan yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan tujuan agar pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, atau merasakan sendiri semua yang ditulis oleh penulis

    Contoh: Sungai Ciliwung terletak di Jakarta. Sungai ini mengalir di seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung dipenuhi tumpukan sampah. Tumpukan sampah di sungai dihinggapi lalat. Lalat-lalat itu selalu berterbangan ke perumahan warga dan membawa berbagai macam penyakit. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ryan

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

(1) Tekan luka atau sekitar luka itu terus-menerus agar pendarahan segera berhenti. (2) Dengan demikian, Anda telah melakukan pertolongan pertama dalam keadaan darurat pada diri Anda sendiri. (3) Ji...

Pembahasan Soal:

Urutan yang tepat untuk langkah menghentikan pendarahan pada luka di atas adalah dengan menyebutkan terlebih dahulu pernyataan umumnya, pendarahan akibat luka dapat Anda hentikan dengan cara menekan luka atau sekitar luka. Kemudian, penjelas yang lain juga harus memiliki keterkaitan dengan kalimat tersebur atau pernyataan yang membicarakan cara menekan luka. Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Cara menggunakan corong penyaringan (1) Ambil kertas saring kemudian lipatlah dua kali dan bentuklah seperti kerucut corong. (2) Sebelum melakukan penyaringan, aduk terlebih dahuli cairan yang akan ...

Pembahasan Soal:

Paragraf eksposisi merupakan sebuah metode untuk menuliskan paragraf yang bertujuan untuk menjabarkan sesuatu. Paragraf eksposisi yang padu harus menerapkan logika sebab-akibat yang runtut. Dalam paragraf eksposisi di atas, urutan pada poin A merupakan urutan yang pas untuk menggunakan corong penyaringan. 

Roboguru

(1) Diperlukan kekuatan-kekuatan sebagai pendorong baik dari luar maupun dari dalam lingkungan. (2) Potensi ini perlu dipupuk sejak dini (3) Setiap orang memiliki potensi kreatif walaupun dalam dera...

Pembahasan Soal:

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Paragraf tersebut merupakan paragraf eksposisi proses cerita (yakni paragraf yang menjelaskan terjadinya proses-proses terjadinya peristiwa dalam cerita). Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (C) (3), (2), (1), (5), dan (4). Paragraf dimulai dengan pemaparan peristiwa, yakni mengenai potensi yang ada pada diri setiap orang. Kemudian penulis menjelaskan bahwa setiap orang memiliki potensi berbeda. Tumbuhnya kreativitas tidak lepas dari pengaruh budaya masyarakatnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah (C).

Roboguru

Susunlah sebuah teks eksposisi analitis sebanyak satu paragraf yang isinya berkaitan dengan topik "Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan"!

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah tulisan yang menguraikan pendapat penulis akan suatu permasalahan disertai argumen yang logis. Struktur teks eksposisi, yaitu:

  1. Pernyataan pendapat (tesis), yakni bagian berisi pengenalan atas masalah yang akan dibahas penulis.
  2. Rangkaian argumen, yakni bagian berisi argumen penulis terhadap masalah tersebut, disertai oleh fakta maupun data yang kuat.
  3. Penegasan ulang, yakni simpulan atau penegasan kembali pendapat yang diajukan penulis.

Teks eksposisi analitik adalah teks eksposisi yang mengajak pembacanya untuk ikut menganalisis permasalahan yang diajukan oleh penulis. Untuk membuat teks eksposisi analitis, topik "pentingnya menjaga kebersihan lingkungan" perlu dipahami secara mendalam terlebih dahulu. Kemudian, buat pertanyaan yang sesuai dengan topik tersebut, kemudian berikan argumen yang sesuai dengan fakta dan data yang ada. Setelah itu, susun argumen tersebut sesuai dengan struktur teks eksposisi yang telah dipaparkan di atas.

Dengan demikian, untuk menyusun teks eksposisi dengan topik "pentingnya menjaga kebersihan lingkungan", strukturnya terdiri atas pernyataan pendapat (tesis), rangkaian argumen, dan penegasan ulang.space 

Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi awal paragraf eksposisi tersebut adalah ….

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang menerangkan suatu pokok persoalan yang dapat memperluas wawasan pembaca.

Struktur Teks Eksposisi

  1. Tesis, yaitu pengenalan isu, masalah ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahas.
  2. Rangkaian argumen, pendapat atau argumen penulis berguna sebagai penjelasan dari tesis yang dijelaskan sebelumnya. Biasanya berisi fakta-fakta untuk memperkuat argumen-argumen penulis. 
  3. Penegasan ulang, perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut dengan penutup atau simpulan.

Kalimat pertama teks di atas merupakan bagian tesis teks eskposisi yang berisi pengenalan isu. Argumen yang dibangun pada kalimat setelahnya membahas tentang cara membaca dan tujuan membaca pada seseorang. 

Oleh karena itu, kalimat yang tepat untuk melengkapi awal paragraf eksposisi tersebut adaalah cara membaca dan tujuan membaca sangat erat hubungannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved