Iklan

Iklan

Pertanyaan

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag: (1) Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di tempat yang mendapat naungan. (2) Setelah itu, polibag disiram air secukupnya. (3) Bibit di tempat pembenihan beserta tanahnya diambil memakai cetok. (4) Tanah pembungkus akar ditutup dengan tanah dan dipadatkan dengan tangan. (5) Kedalaman penanaman sampai batas bagian tanah yang membungkus akar. (6) Bibit yang jumlahnya lebih dari satu dipisahkan satu persatu secara hati-hati. Ketika melakukan pemisahan, tanah yang membungkus akar diikutsertakan. Setelah terpisah satu per satu, tanaman itu langsung ditanam di polibag. Agar menjadi paragraf eksposisi proses, urutan kalimat tersebut yang benar adalah ....

Langkah-langkah pemindahan bibit cabai dari bedengan ke polibag:
(1) Polibag yang berisi calon bibit diletakkan di tempat yang mendapat naungan.
(2) Setelah itu, polibag disiram air secukupnya.
(3) Bibit di tempat pembenihan beserta tanahnya diambil memakai cetok.
(4) Tanah pembungkus akar ditutup dengan tanah dan dipadatkan dengan tangan.
(5) Kedalaman penanaman sampai batas bagian tanah yang membungkus akar.
(6) Bibit yang jumlahnya lebih dari satu dipisahkan satu persatu secara hati-hati. Ketika melakukan pemisahan, tanah yang membungkus akar diikutsertakan. Setelah terpisah satu per satu, tanaman itu langsung ditanam di polibag.

Agar menjadi paragraf eksposisi proses, urutan kalimat tersebut yang benar adalah ....

  1. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

  2. (3), (6), (5), (4), (2), dan (1)

  3. (4), (2), (1), (3), (6), dan (5)

  4. (5), (6), (3), (4), (2), dan (1)

     

  5. (6), (5), (3), (4), (2), dan (1)

Iklan

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses mengenai pemindahan bibit cabai . Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (B) (3), (6), (5), (4), (2), dan (1). Paragraf dimulai dengan memindahkan bibit cabai beserta tanah menggunakan cetok, kemudian dipisahkan satu persatu dan ditanam di polybag. Setelah itu, tanah pembungkus akar ditutup dan dipadatkan dengan tangan. Langkah berikutnya polybag disiram dengan air, dan simpan di tempat yang terlindungi.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang menjelaskan (memaparkan) sebuah peristiwa secara lebih terperinci. Salah satu jenis paragraf eksposisi adalah paragraf eksposisi proses mengenai pemindahan bibit cabai. Dalam paragraf ini dijelaskan proses-proses terjadinya sebuah peristiwa secara runtut dari awal sampai akhir. Dalam paragraf tersebut, urutan kalimat yang tepat adalah (B) (3), (6), (5), (4), (2), dan (1). Paragraf dimulai dengan memindahkan bibit cabai beserta tanah menggunakan cetok, kemudian dipisahkan satu persatu dan ditanam di polybag. Setelah itu, tanah pembungkus akar ditutup dan dipadatkan dengan tangan. Langkah berikutnya polybag disiram dengan air, dan simpan di tempat yang terlindungi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Buatlah empat argumen berkait dengan tesis tersebut!

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia