Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan garam berikut ini yang dapat terhidrolisis. Jelaskan sebabnya, perkirakan pH-nya, dan tuliskan reaksi hidrolisisnya! ( NH 4 ​ ) 2 ​ CO 3 ​

Tentukan garam berikut ini yang dapat terhidrolisis. Jelaskan sebabnya, perkirakan pH-nya, dan tuliskan reaksihidrolisisnya!

 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

garam mengalami hidrolisis total dan sifat larutannya basa.

garam begin mathsize 14px style bold left parenthesis N H subscript bold 4 bold right parenthesis subscript bold 2 C O subscript bold 3 end style mengalami hidrolisis total dan sifat larutannyaundefinedbasa.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Garam yang anionnya berasal dari asam lemah dan kationnya berasal dari basa lemah di dalam air akan terionisasi, dan kedua ion garam tersebut bereaksi dengan air. Ion bereaksi dengan air membentuk reaksi kesetimbangan: Ion bereaksi dengan air membentuk reaksi kesetimbangan: Oleh karena dari kedua ion garam tersebut masing-masing menghasilkan ion dan ion , maka sifat larutan garam ini ditentukan oleh nilai tetapan kesetimbangan dari kedua reaksi tersebut. Hidrolisis garam yang anionnya berasal dari asam lemah dan kationnya berasal dari basa lemah merupakan hidrolisis total, sebab kedua ion garam mengalami reaksi hidrolisis dengan air. Sifat larutan ditentukan oleh nilai tetapan kesetimbangan dari kedua reaksi tersebut. Dari literatur diketahui bahwa , makalarutan akan bersifat basa Jadi, garam mengalami hidrolisis total dan sifat larutannya basa.

Garam yang anionnya berasal dari asam lemah dan kationnya berasal dari basa lemah di dalam air akan terionisasi, dan kedua ion garam tersebut bereaksi dengan air.


Error converting from MathML to accessible text. 
 

Ion undefined bereaksi dengan air membentuk reaksi kesetimbangan:


undefined 
 

Ion begin mathsize 14px style C O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent end style bereaksi dengan air membentuk reaksi kesetimbangan:


C O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent open parentheses italic a italic q close parentheses plus H subscript 2 O open parentheses italic a italic q close parentheses equilibrium H C O subscript 3 to the power of minus sign open parentheses italic a italic q close parentheses plus O H to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis  
 

Oleh karena dari kedua ion garam tersebut masing-masing menghasilkan ion undefined dan ion undefined, maka sifat larutan garam ini ditentukan oleh nilai tetapan kesetimbangan dari kedua reaksi tersebut. Hidrolisis garam yang anionnya berasal dari asam lemah dan kationnya berasal dari basa lemah merupakan hidrolisis total, sebab kedua ion garam mengalami reaksi hidrolisis dengan air. Sifat larutan ditentukan oleh nilai tetapan kesetimbangan dari kedua reaksi tersebut. Dari literatur diketahui bahwa K subscript a space H C O subscript 3 to the power of minus sign left parenthesis 4 comma 7 cross times 10 to the power of negative sign 11 end exponent right parenthesis less than K subscript b space N H subscript 4 O H space left parenthesis 1 comma 8 cross times 10 to the power of negative sign 5 end exponent right parenthesis, maka larutan akan bersifat basa begin mathsize 14px style open parentheses pH close angle brackets 7 right parenthesis. end style

Jadi, garam begin mathsize 14px style bold left parenthesis N H subscript bold 4 bold right parenthesis subscript bold 2 C O subscript bold 3 end style mengalami hidrolisis total dan sifat larutannyaundefinedbasa.

Latihan Bab

Konsep Kilat

Pendahuluan Hidrolisis Garam

Hidrolisis Parsial Garam Asam

Hidrolisis Parsial Garam Basa

429

Ervina

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Larutan NH 4 ​ HCOO 0,2 M memiliki pH ... dibandingkan dengan larutan 0,02 M.

1rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia