Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan apakah campuran berikut merupakan larutan penyangga atau bukan penyangga! Jika larutan penyangga, apakah sifat larutan penyangga tersebut penyangga asam atau basa? Fe(OH) 3 dan FeCl 3

Tentukan apakah campuran berikut merupakan larutan penyangga atau bukan penyangga! Jika larutan penyangga, apakah sifat larutan penyangga tersebut penyangga asam atau basa?

Fe(OH)3 dan FeCl3

Iklan

A. Nurul

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

,Fe(OH) 3 dan FeCl 3 membentuk penyangga basa.

, Fe(OH)3 dan FeCl3 membentuk penyangga basa.

Iklan

Pembahasan

Larutan penyangga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa . Larutan penyangga yang besifat asam dibuat dari campuran asam lemah dengan basa konjugasinya . Larutan penyangga basa dibuat dengan mencampurkan basa lemah dengan asam konjugasinya . Asam konjugasi atau basa konjugasi disebut juga dengan garamnya . larutan Fe(OH) 3 merupakan larutan basa lemah dan FeCl 3 merupakan asamkonjugasi atau garamnya yang terbentuk dari asam kuatdan basa lemah. Sehingga campuran kedua spesi ini termasuk penyangga basa. Jadi ,Fe(OH) 3 dan FeCl 3 membentuk penyangga basa.

Larutan penyangga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa. Larutan penyangga yang besifat asam dibuat dari campuran asam lemah dengan basa konjugasinya. Larutan penyangga basa dibuat dengan mencampurkan basa lemah dengan asam konjugasinya. Asam konjugasi atau basa konjugasi disebut juga dengan garamnya.

larutan Fe(OH)3 merupakan larutan basa lemah dan FeClmerupakan asam konjugasi atau garamnya yang terbentuk dari asam kuat dan basa lemah. Sehingga campuran kedua spesi ini termasuk penyangga basa.

Jadi, Fe(OH)3 dan FeCl3 membentuk penyangga basa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di dalam 250 mL larutan terlarut 8,2 gram CH 3 ​ COONa ( M r ​ = 82 ) dan 0,1 mol CH 3 ​ COOH ( K a ​ = 1 , 8 × 1 0 − 5 ). pH larutan tersebut adalah ....

164

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia