Telaahlah isi teks laporan hasil observasi tersebut!

Pertanyaan

Teks laporan hasil observasi berikut untuk soal nomor 1-5.


Laporan Hasil Observasi Buah Manggis


   Manggis dengan nama Latin Garcinia mangostana L. merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia. Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis, dan asam gelugur. Manggis menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan atau biasa disebut sebagai pangan fungsional.

    Pohon dan daun manggis memiliki ciri khas. Tinggi pohon manggis rata-rata mencapai 6-25 m. Manggis memiliki ciri daun rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek. Daun manggis tebal dan lebar. Pohonnya berbentuk tegak lurus dengan percabangan simetri membentuk kerucut. Semua bagian tanaman mengeluarkan eksudat getah kuning apabila dilukai.

    Manggis memlliki ciri khusus pada bunganya. Bunga manggis disebut bunga berumah dua. Bunga betina dapat dijumpai pada pohon manggis, sedangkan bunga jantan tidak berkembang sempuma. Bunga jantan tumbuh kecil lalu mengering dan tidak dapat berfungsi Iagi. Oleh karena itu, buah manggis dihasilkan tanpa penyerbukan.

     Bunga manggis termasuk bunga sendiri atau berpasangan di ujung ranting bergagang, dan pendek tebal. Bunga manggis berdiameter 5,5 cm. Daun kelopak dua pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging, berwarna hijau hingga kuning dengan pinggir kemerah-merahan. Benang sari semu dan biasanya banyak. Bakal buah manggis bertangkal berbentuk agak bulat dan beruang empat. Kepala putik tidak bertangkai dan bercuping. 

    Buah manggis berbentuk bulat atau elips. Warna buah merah tua kehitaman dengan bagian dalam putih. Berat buah bervariasi antara 75-150 gram. Buahnya mempunyai 4-8 segmen dan setiap segmen mengandung satu bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji) berwarna putih empuk dan mengandung sari buah.

   Buah manggis memillki beberapa manfaat. Di kalangan masyarakat, buah manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti sariawan, disentri, amandel, abses, dengan kemampuan antiperadangan atau antiinflamasi, hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan antioksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat, maupun antosianin.

     Kulit buah manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein 0.71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%. Manggis adalah buah asli Indonesia yang khas. Selain rasa yang manis dan penampilannya yang enak dilihat, buah manggis memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Disadur dari: https://kecilnyaaku.com/2016/07112/menyunting-kalimat-dan-penggunaan-huruf/, diunduh 23 Januari 2020space 

Telaahlah isi teks laporan hasil observasi tersebut!space 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf di atas jika ditelaah adalah sebagai berikut:

Pembahasan

Menelaah adalah kegiatan mengamati dan mengkaji kesalahan-kesalahan isi, struktur, dan tata bahasa teks. Sedangkan makna menelaah di KBBI adalah mempelajari, menyelidik, mengkaji​, memeriksa, menilik.

Dengan demikian, paragraf di atas jika ditelaah adalah sebagai berikut:

  • Paragraf pertama dari teks Laporan Hasil Observasi Buah Manggis adalah definisi dari buah manggis.
  • Paragraf kedua adalah ciri khas dari pohon dan daun manggis.
  • Paragraf ketiga adalah ciri khusus bunga manggis.
  • Paragraf keempat adalah deskripsi bunga manggis.
  • Paragraf kelima adalah deskripsi buah manggis.
  • Paragraf keenam adalah manfaat buah manggis.
  • Paragraf keenam adalah kandungan buah manggis.space 

5rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan i...

112

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia