Teks tersebut dikembangkan berdasarkan kerangka ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 28-30. 


    Menjamurnya pedagang di pinggir jalan yang menjual masker rnenjadi pemandangan baru di tengah pandemi. Hal ini disebabkan memakai masker tiap akan berkegiatan di luar rumah sudah menjadi kebiasaan yang tak boleh dilupakan. Masker tak lain sebagai alat pelindung diri untuk memproteksi dan meminimalisasi penularan Covid-19. Dengan memakai masker, kemungkinan terpapar Covid-19 relatif kecil. Namun, efektivitasnya bergantung dari bahan dan jenis yang digunakan.

      Sebagaimana diketahui, di kalangan masyarakat luas dikenal bermacam-macam jenis masker. Ada masker N95. Masker ini adalah masker yang paling efektif karena sanggup mencegah masuknya percikan droplet hingga 95-100%. Jenis kedua adalah masker medis dengan efektivitas mencapai 80-90% dan hanya untuk sekali pakai. Kedua jenis masker ini lebih dibutuhkan bagi para tenaga kesehatan yang memiliki risiko tinggi terpaparnya virus karena berinteraksi langsung dengan para pasien Covid-19. Sementara itu, ada pula masker kain yang bisa dicuci dan digunakan lagi untuk berkali-kali. Hanya saja masker yang dibuat oleh masyarakat dari bahan kain bisa dikatakan kain asal-asalan yang tidak memenuhi standar kesehatan.

    Merespons kebutuhan standardisasi produk dalam menanggulangi Covid-19, Badan Standardisasi Nasional (BSN) baru saja menetapkan SNI 8194:2020 Tekstil-Masker dari Kain. SNI ini dirumuskan oleh Komite Teknis 59-01 dan ditetapkan melalui Keputusan Kepala BSN Nomor 408/KEP/BSN/9/ 2020 pada 16 September 2020. Dokumen SNI ini dapat dilihat oleh masyarakat luas melalui situs akses-sni.bsn.go.id. Standardisasi masker ini penting agar masker yang beredar memenuhi standar kesehatan.

(Sumber: Detik.com)space 

Teks tersebut dikembangkan berdasarkan kerangka ....space 

  1. Menjamurnya pedagang masker - jenis-jenis masker - penetapan standardisasi masker.space 

  2. Ramainya orang berdagang masker - macam-macam masker - standar masker yang dijual.space 

  3. Efektivitas masker - jenis masker beredar di pasaran - pembuatan masker oleh BSN.space 

  4. Fungsi masker bagi masyarakat - bermacam-macam masker - standardisasi masker.space 

  5. Alat pelindung diri - jenis-jenis masker di pasaran - harapan bagi penjual masker.space 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Teks artikel merupakan sebuah karya tulis lepas, berisikan opini atau pendapat penulis tentang isu permasalahan, bertujuan untuk memberi informasi, mempengaruhi, meyakinkan atau untuk menghibur pembaca serta dipublikasikan ke suatu media (buletin, majalah, koran, website, media sosial, dan lainnya).

Paragraf pertama teks di atas, menginformasikan tentang menjamurnya pedagang masker dikalangan masyarakat, dikarenakan pentingnya penggunaan masker untuk memproteksi dan meminimalisasi penularan Covid-19. Paragraf kedua tentang bermacam-macam masker yang beredar di masyarakat. Paragraf terakhir mengenai standardisasi masker menurut BSN. Pola pengembangan teks ini adalah pola yang menjelaskan bagaimana cara penulis menyajikan atau menyampaikan informasi kepada pembaca dalam teks. Pada tiga paragraf di atas, Pola pengembangannya adalah Menjamurnya pedagang masker - jenis-jenis masker - standardisasi masker.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

82

1.0 (1 rating)

Andar Andar

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Pola pengembangan paragraf kedua adalah ....

455

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia