Roboguru

Teks editorial tersebut membahas masalah ....

Pertanyaan

Teks editorial tersebut membahas masalah ....undefined 

  1. Penyelidikan 36 kasus dugaan korupsi dihentikan.undefined 

  2. Pemberantasan korupsi tidak lagi dilakukan secara tertutup.undefined 

  3. Pemberantasan korupsi yang tertutup berpotensi diselewengkan.undefined 

  4. Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan penghentian 36 kasus.undefined 

  5. Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023 memulai tradisi baru.undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dalam penulisan teks editorial terdapat pokok informasi/isi yang terkandung. Pokok informasi ini dapat diketahui melalui hal-hal penting dan ide pokok yang terdapat dalam teks editorial.

Berdasarkan kutipan teks editorial di atas, pokok informasi teks dapat diketahui melalui ide pokok bacaan. Ide pokok pada teks di atas ialah pemberantasan korupsi tidak dilakukan secara tertutup. Hal ini dapat diketahui melalui pernyataan-pernyataan yang menjelaskan proses pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK tidak dilakukan secara tertutup, melainkan dengan prinsip transparan dan keterbukaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan tajuk rencana tersebut adalah dalam undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas satu hektare per kepala keluarga (KK). Peraturan yang benar adalah masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas dua hektare per kepala keluarga (KK). 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. Dalam undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas satu hektare per kepala keluarga (KK).undefined 

0

Roboguru

Tentukan permasalahan dalam kutipan teks editorial berikut!

Pembahasan Soal:

Teks editorial merupakan teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Permasalahan yang dibahas akan dijelaskan melalui tiga struktur, yaitu struktur pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, serta penegasan ulang.

Struktur tesis berisi sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang diangkat. Bagian ini membahas pernyataan atau teori yang akan diperkuat oleh argumen. Selanjutnya, terdapat struktur argumentasi yang berisi bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan tesis. Bisa berupa pernyataan umum, data hasil penelitan, pernyataan para ahli atau fakta-fakta yang dapat dipercaya. Terakhir, teks akan ditutup dengan penegasan ulang yang berisi penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi.

Permasalahan dalam teks di atas adalah:

  1. Banjir masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan bagi warga Kota Medan. (Argumentasi)
  2. Faktor penyebab banjir di Kota Medan. (Argumentasi)
  3. Buruknya fungsi drainase di Kota Medan, (Argumentasi)
  4. Saran untuk Wali kota Medan agar memprioritaskan perbaikan drainase melalui pembuatan peta saluran air terbaru. (Penegasan Ulang)

Dengan demikian, permasalahan dalam kutipan tersebut adalah permasalahan banjir di Kota Medan dan buruknya penanganan drainase di Kota Medan.

0

Roboguru

Masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut membahas peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun 2015, 2017, 2018, dan 2019 di kalimat pertama dan kedua. Di kalimat keempat dan kelima, disebutkan dampak yang terjadi akibat karhutla yang terjadi tahun 2019. Oleh karena itu,  masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut adalah laporan kerusakan lahan dan kerugian ekonomi akibat karhutla.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. laporan kerusakan lahan dan kerugian ekonomi akibat karhutla

0

Roboguru

Apakah dukungan yang disampaikan melalui teks editorial tersebut?

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu atau masalah aktual. 

Untuk dapat menemukan dukungan yang disampaikan melalui teks editorial tersebut, kita harus membaca teks secara saksama. Pada teks tersebut terdapat kalimat:

  • “Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata, dengan menyiapkan sejumlah tempat sampah di titik-titik strategis, terutama di sejumlah objek wisata, memang patut diapresiasi.”
  • “Berbagai upaya penyadaran masyarakat dengan terus mengimbau agar para wisatawan membuang sampah pada tempatnya, juga menjadi terobosan yang harus terus ditingkatkan.”
  • “Dengan adanya sanksi yang tegas, diharapkan akan mampu memberikan efek jera kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.’
  • “Dalam hal pengelolaan sampah, masyarakat Indonesia harus banyak belajar kepada masyarakat di Jepang.”

Berdasarkan kalimat-kalimat tersebut kita dapat menyimpulan dukungan yang disampaikan melalui teks editorial tersbut adalah agar pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah, upaya  penyadaran masyarakat dengan mengimbau agar membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan, pemberian sanksi dan masalah pengelolaan sampah agar masalah penanganan sampah bisa terus berkurang.

Dengan demikian, dukungan yang disampaikan melalui teks editorial tersebut adalah agar pemerintah sebagai pemangku kebijakan juga harus membuat aturan tegas tentang pengelolaan sampah, upaya penyadaran masyarakat dengan mengimbau agar membuang sampah pada tempatnya harus terus ditingkatkan, pemberian sanksi dan masalah pengelolaan sampah agar masalah penanganan sampah bisa terus berkurang.space 

0

Roboguru

Perhatikan teks tajuk rencana berikut!       Intensitas hujan di beberapa wilayah Indonesia diperkirakan masih tinggi bulan ini, termasuk di wilayah pulau Jawa. Beberapa daerah kini memasuki musim hu...

Pembahasan Soal:

Ide pokok paragraf keempat teks tajuk rencana tersebut adalah pengalihan fungsi lahan kawasan serapan air. Hal ini dapat dilihat dari kalimat pertama paragraf empat, yaitu "Pemerintah pun harus tegas dengan melarang melakukan alih fungsi lahan kawasan serapan air."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D. undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved