Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan karya ilmiah berikut untuk menjawab soal nomor 2- 4.


    Krisis pasokan energi di dunia sekarang sangatlah sering dibahas, termasuk di Indonesia. Menurut model OWEM (OPEC World Energy Model), pada jangka tahun 2010-2025, akan ada peningkatan permintaan bahan bakar dari 106 juta bph (barrel per hari) sampai dengan 115 juta bph. Kecepatan produksi kalah dengan besarnya permintaan masyarakat dan penggunaan bahan bakar tidak terbarukan (bahan bakar fosil) juga mengikis suplai tanpa dapat diproduksi kembali dalam jangka waktu dekat. Mulailah dicari sumber energi baru yang terbarukan, dan salah satu yang ditemukan adalah penggunaan minyak bekas. Kegemaran masyarakat dunia akan makanan gorengan menghasilkan minyak jelantah yang sangat banyak. Selain akan membahayakan lingkungan dan kesehatan, jika digunakan ulang, minyak bekas ini dapat diubah menjadi sumber energi alternatif, yaitu biodiesel.

    Berdasarkan beberapa fakta yang didapat dari Yayasan Lengis Hijau bahwa dari 340 hotel dan restoran, dihasilkan sebanyak 2.500 liter minyak jelantah setiap harinya. Dari 2.500 liter minyak jelantah yang diperoleh, sekitar 50-60% dijual ke pengepul minyak jelantah dimana minyak jelantah tersebut diperjualbelikan kepada warung-warung kecil yang akan mereka gunakan lagi untuk pengolahan makanan mereka. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan para konsumen yang memakan makanan itu karena minyak jelantah tersebut akan membentuk zat karsinogenik (zat dalam rokok dengan sifat mengendap yang dapat merusak paru-paru) di dalamnya.space 

Teks di atas merupakan kutipan karya ilmiah pada bagian ....space 

  1. latar belakang masalahspace 

  2. rumusan masalahspace 

  3. hipotesisspace 

  4. tinjauan pustakaspace 

  5. kesimpulanspace 

F. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Karya Ilmiah adalah teks yang dibuat berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, tinjauan, ulasan, kajian, atau pemikiran yang menggunakan cara kerja ilmiah oleh perseorangan atau kelompok yang disajikan dalam bentuk tertulis dan disusun secara sistematis.

Karya Ilmiah memiliki sistematik yang terdiri atas beberapa bagian penting berikut.

  1. Judul,
  2. Pendahuluan, berisikan latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian,
  3. Landasan teori, berisikan teori-teori pendukung untuk melaksanakan penelitian (acuan teori),
  4. Metodologi penelitian, berisikan tahap-tahap atau prosedur penelitian mulai dari persiapan, penentuan sumber data, analisis data, sampai tahap pelaporannya.
  5. Pembahasan, berisikan pemaparan hasil penelitian karya ilmiah terkait rumusan masalah/tujuan penelitian pada bagian pendahuluan, 
  6. Simpulan dan saran, dan
  7. Daftar pustaka.

Secara umum, latar belakang masalah berisi uraian mengenai alasan teoritik serta faktual mengapa permasalahan tersebut perlu dijawab melalui kegiatan penelitian. Kutipan karya ilmiah di atas berisi merupakan bagian latar belakang masalahPada kutipan karya ilmiah di atas diperlihatkan mengenai minyak jelantah yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Berdasarkan penjelasan tersebut, teks di atas merupakan kutipan karya ilmiah pada bagian latar belakang masalah.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

15

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Judul penelitian: Pemanfaatan Biji Nangka sebagai Bahan Membuat Tepung Rumusan masalah yang tepat berdasarkan judul tersebut adalah ….

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia