Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah ilustrasi berikut!

  1. Peristiwa yang terjadi: Pesawat Sarijaya Air tergelincir.
  2. Orang yang mengalami peristiwa: 131 penumpang dan awak pesawat.
  3. Tempat terjadinya peristiwa: di Bandara Adi Sutjipto.
  4. Waktu terjadinya peristiwa: Rabu, 28 Desember 2011, pukul 17.15
  5. Penyebab terjadinya peristiwa: Cuaca buruk.space 

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...space 

  1. Saksi mata mengemukakan bahwa pesawat Sarijaya Air tergelincir karena factor cuaca buruk. Saat mandarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok ke kiri. Kemudian, pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.space 

  2. Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 28 Desember 2011 sekitar pukul 17.15. peristiwa itu terjadi karena factor cuaca buruk.space 

  3. Petugas bandara mengatakan bahwa pesawat Sarijaya Air di Bandara Adi Sutjipto pada Rabu petang. Pesawat tergelincir karena factor cuaca buruk. Saat mendarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok ke kiri. Kemudian, pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan.space 

  4. Sarijaya Air tergelincir karena factor cuaca buruk. Saat mendarat pesawat keluar dari ujung landasan pacu dan berbelok ke kiri. Kemudian, pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Teks berita adalah teks yang bertujuan untuk melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi yang telah atau sedang terjadi. Penulisan teks berita harus memerhatikan langkah-langkah. Langkah-langkah penyusunan teks berita adalah sebagai berikut. Menentukan sumber berita, yakni berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang. Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai narasumber atau orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa itu. Mencatat pokok-pokok berita dengan menggunakan unsur ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Mengembangkan catatan itu menjadi sebuah teks berita yang utuh. Kemudian menyajikan berita tersebut mulai dari bagian yang penting ke bagian yang kurang penting. Sesuai dengan teori di atas, teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah (B) Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 28 Desember 2011 sekitar pukul 17.15. Peristiwa itu terjadi karena cuaca buruk. Kalimat tersebut sesuai dengan ilustrasi dan telah memenuhi unsur ADIKSIMBA. Pilihan jawaban (A), (C), dan (D) kurang tepat karena ketiganya terdapat kalimat pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan . Kalimat tersebut tidak terdapat pada ilustrasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Teks berita adalah teks yang bertujuan untuk melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi yang telah atau sedang terjadi. Penulisan teks berita harus memerhatikan langkah-langkah. 

Langkah-langkah penyusunan teks berita adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan sumber berita, yakni berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang.
  2. Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai narasumber atau orang-orang yang berhubungan dengan peristiwa itu.
  3. Mencatat pokok-pokok berita dengan menggunakan unsur ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
  4. Mengembangkan catatan itu menjadi sebuah teks berita yang utuh. Kemudian menyajikan berita tersebut mulai dari bagian yang penting ke bagian yang kurang penting.

Sesuai dengan teori di atas, teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah (B) Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 28 Desember 2011 sekitar pukul 17.15. Peristiwa itu terjadi karena cuaca buruk. Kalimat tersebut sesuai dengan ilustrasi dan telah memenuhi unsur ADIKSIMBA. 

Pilihan jawaban (A), (C), dan (D) kurang tepat karena ketiganya terdapat kalimat pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Kalimat tersebut tidak terdapat pada ilustrasi. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

54

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teks berita yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....

10

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia