Roboguru
SD

(1) Peristiwa yang terjadi                     : kebakaran yang melalap ratusan rumah (2) Orang yang mengalami peristiwa : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan (3) Tempat terjadinya peristiwa          : RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur. (4) Waktu peristiwa terjadi                  : Senin, 31 Oktober 2011, pukul 22.00 WIB (5) Penyebab peristiwa terjadi            : diduga dari ulah warga yang membakar sampah (6) Proses peristiwa terjadi                  : Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya, kemudian membesar dan membakar ratusan rumah lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.   Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

Pertanyaan

(1) Peristiwa yang terjadi                     : kebakaran yang melalap ratusan rumah

(2) Orang yang mengalami peristiwa : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan

(3) Tempat terjadinya peristiwa          : RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur.

(4) Waktu peristiwa terjadi                  : Senin, 31 Oktober 2011, pukul 22.00 WIB

(5) Penyebab peristiwa terjadi            : diduga dari ulah warga yang membakar sampah

(6) Proses peristiwa terjadi                  : Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya, kemudian membesar dan membakar ratusan rumah lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.

 

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….

  1. Kebakaran yang melalap puluhan toko di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  2. Kebakaran yang melalap ratusan pertokoan di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya, kemudian membesar dan membakar puluhan toko lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.

  3. Kebakaran yang melalap sebuah rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur diduga karena warga yang membakar kembang api. Tragedi itu terjadi pada Senin (31/10/201 1) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  4. Kebakaran yang melalap ratusan rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Tragedi itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah (D) Kebakaran yang melalap ratusan rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Tragedi itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

Pilihan jawaban A dan B kurang lengkap karena tidak terdapat waktu terjadinya peristiwa tersebut.

Pilihan jawaban C salah karena penyebab terjadi kebakaran karena warga yang membakar sampah bukan karena warga yang membakar kembang api.

Pilihan jawaban D merupakan teks berita yang sesuai dengan ilustrasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

26

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah ilustrasi berikut! Dimas, seorang warga menginformasikan bahwa pada pukul 24.00, saat pergantian tahun terjadi kecelakaan karena kembang api. Korban kecelakaan tersebut bernama Adam berusia 4...

88

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia